Selasa, 26 Agustus 2008

[ASIX] Kasihannya kamu

yup kasihan...sama temenku ini. dia niat kasih ASIX buat anaknya (1mos) tp gak dpt dukungan dr mertuanya. trus pengetahuan suami soal per ASI an jg kurang jd gak ada yg belain dia. awalnya ada ibunya yg dukung bgt supaya dia bs ASIX bikinin jamu, makanan macem2 biar ASI nya bisa banyak tapi..lama2 suasana jd gak enak karna mama mertua slalu nyuruh tambah SUFOR..akhirnya ibunya pulang aja..skrg dia sendirian dan akhirnya anaknya dikasi sufor juga.
kmaren aku kerumahnya. ibu mertuanya langsung tanya "mba diah mm anaknya gak campur sufor?. aku jawab alhamdulillah gak bu sampai hari ini nawra dah 8 bulan lebih masih ASI saja tanpa tambahan susu lainnya...sambil gw ngomong gt lohh..lohh kok temen gw matanya berkaca2 eh lama2 nangis. ada apa sayang, jgn stress donk ntar ASI nya makin gak keluar. gw tanya temen gw
ibu (baca ibu mertua) bilang klo akhirnya bayinya dikasi sufor dah 2 hari ini karna gak kenyang2 dah mimik lama msh aja klamut2 mulutnya kayak orang laper.
gw bilang sebenarnya klo dr yg sy baca ya Bu ASI itu insyaallah cukup karna semakin banyak diisep akan smakin banyak yg keluar. buktinya sy hanya 1 PD yg bs banyak toh nawra bs ASIX. ibu bilang tp anak cowo kan beda sm anak cewe. dulu anak sy smuanya ASI campur SUFOR dan gak masalah. berusaha wise gw bilang "jaman dulu SUFOR mungkin kwalitasnya lbh bagus jaman skrg dah lebih ke bisnis Bu. " msh panjanglah obrolan dg si ibu dan beliau tetep keukeuh cucunya dikasi ASI campur SUFOR. temen gw cm bisa diem sambil nangis.
gw gak mo ributlah sm mertua org. cukup dg mertua / ortu gw ajah ya...samalah mertua / ortu  gw jg keukeuh nawra dikasi ASI+SUFOR tp demi yg terbaik untuk anak dg tegas gw bilang 'tidak". akhirnya lama kelamaan mreka liat pertumbuhan nawra bagus mreka malah support ke ASI.
gw bilang "terserah ibunya..terserah kamu (temen gw) karna ini bayimu dan kalian berdua adalah tim. klo km mau ASI km harus berjuang"
gw pamit dan janji weekend dateng lg buat bantu dia meres/mompa ASI.
gw sedihhh deh..ada apa sih dg SUFOR apa sih bagusnya smp smua org mrasa harus ngasih SUFOR ke bayi. plisss dehhh SUFOR itu kan susu sapi..bayi kan anak manusia mang susu sapi bs lebih bagus apa dr susu manusia..

[MPASI] 2 hari penuh tanpa nasi

Rating:★★★★
Category:Other
2 hari ini nawra lagi males makan. gak sampai GTM sih tp maemnya ogah2an dan lamaa bgt. jadilah bunda berusaha kreatif.

Kemaren bikin sop makaroni
Bahan : Makaroni, daging cincang, wortel parut, buncis parut, bawang putih parut
Cara Bikin : Tumis parutan bawang putih dengan sedikit butter setelah harum masukkan daging giling aduk2 sampai berubah warna, tambahkan air masak sebentar lalu masukkan wortel dan buncis masak sebentar, terakhir masukkan makaroni masak hingga semua bahan matang/lembek. menu ini lumayan sukses masak buat porsi 2x makan tp di panci msh nyisa dikit gpplah.
Buat sarapan sy bikin sup jagung : blender jagung, saring buang ampas masak hingga matang tambahkan sedikit keju. jadi deh...yup tanpa sayur...boleh tambahin sayur biasanya aku kasi seledri tapi karna seledri gak ada ya polos ajah.
hari ini masak SOP JAGUNG TUNA
bahan : 2 buah jagung (blender dg 120ml air, saring buang ampas), blender daging ikan tuna, parutan buncis dan butter secukupnya.
cara buat : masak jagung bersama dg daging tuna masak sebentar lalu masukan parutan buncis masak hingga semua bahan matang begitu matang masukkan butter..udah deh that simple...porsi buat 2x makan
sarapan aku buatin tepung kacang ijo saus air jeruk baby yg di kentelin pake maizena dikit. gagal totalll cuma masuk 5 suap itupun lama bener..akhirnya..bunda nyerah drpd esmosi kikikik..kluarin deh jurus andalan ..buka kancing dan nawarin mimik bunda..dia langsung serbu. ya udah sarapan ASI aja ya nakk ntar jam 10 maem buah ...
sorry ya again gak ada foto..gak sempat euyyy..

[ASIX] Kasihannya kamu

yup kasihan...sama temenku ini. dia niat kasih ASIX buat anaknya (1mos) tp gak dpt dukungan dr mertuanya. trus pengetahuan suami soal per ASI an jg kurang jd gak ada yg belain dia. awalnya ada ibunya yg dukung bgt supaya dia bs ASIX bikinin jamu, makanan macem2 biar ASI nya bisa banyak tapi..lama2 suasana jd gak enak karna mama mertua slalu nyuruh tambah SUFOR..akhirnya ibunya pulang aja..skrg dia sendirian dan akhirnya anaknya dikasi sufor juga.
kmaren aku kerumahnya. ibu mertuanya langsung tanya "mba diah mm anaknya gak campur sufor?. aku jawab alhamdulillah gak bu sampai hari ini nawra dah 8 bulan lebih masih ASI saja tanpa tambahan susu lainnya...sambil gw ngomong gt lohh..lohh kok temen gw matanya berkaca2 eh lama2 nangis. ada apa sayang, jgn stress donk ntar ASI nya makin gak keluar. gw tanya temen gw
ibu (baca ibu mertua) bilang klo akhirnya bayinya dikasi sufor dah 2 hari ini karna gak kenyang2 dah mimik lama msh aja klamut2 mulutnya kayak orang laper.
gw bilang sebenarnya klo dr yg sy baca ya Bu ASI itu insyaallah cukup karna semakin banyak diisep akan smakin banyak yg keluar. buktinya sy hanya 1 PD yg bs banyak toh nawra bs ASIX. ibu bilang tp anak cowo kan beda sm anak cewe. dulu anak sy smuanya ASI campur SUFOR dan gak masalah. berusaha wise gw bilang "jaman dulu SUFOR mungkin kwalitasnya lbh bagus jaman skrg dah lebih ke bisnis Bu. " msh panjanglah obrolan dg si ibu dan beliau tetep keukeuh cucunya dikasi ASI campur SUFOR. temen gw cm bisa diem sambil nangis.
gw gak mo ributlah sm mertua org. cukup dg mertua / ortu gw ajah ya...samalah mertua / ortu  gw jg keukeuh nawra dikasi ASI+SUFOR tp demi yg terbaik untuk anak dg tegas gw bilang 'tidak". akhirnya lama kelamaan mreka liat pertumbuhan nawra bagus mreka malah support ke ASI.
gw bilang "terserah ibunya..terserah kamu (temen gw) karna ini bayimu dan kalian berdua adalah tim. klo km mau ASI km harus berjuang"
gw pamit dan janji weekend dateng lg buat bantu dia meres/mompa ASI.
gw sedihhh deh..ada apa sih dg SUFOR apa sih bagusnya smp smua org mrasa harus ngasih SUFOR ke bayi. plisss dehhh SUFOR itu kan susu sapi..bayi kan anak manusia mang susu sapi bs lebih bagus apa dr susu manusia..

[MPASI] 2 hari penuh tanpa nasi

Rating:★★★★
Category:Other
2 hari ini nawra lagi males makan. gak sampai GTM sih tp maemnya ogah2an dan lamaa bgt. jadilah bunda berusaha kreatif.

Kemaren bikin sop makaroni
Bahan : Makaroni, daging cincang, wortel parut, buncis parut, bawang putih parut
Cara Bikin : Tumis parutan bawang putih dengan sedikit butter setelah harum masukkan daging giling aduk2 sampai berubah warna, tambahkan air masak sebentar lalu masukkan wortel dan buncis masak sebentar, terakhir masukkan makaroni masak hingga semua bahan matang/lembek. menu ini lumayan sukses masak buat porsi 2x makan tp di panci msh nyisa dikit gpplah.
Buat sarapan sy bikin sup jagung : blender jagung, saring buang ampas masak hingga matang tambahkan sedikit keju. jadi deh...yup tanpa sayur...boleh tambahin sayur biasanya aku kasi seledri tapi karna seledri gak ada ya polos ajah.
hari ini masak SOP JAGUNG TUNA
bahan : 2 buah jagung (blender dg 120ml air, saring buang ampas), blender daging ikan tuna, parutan buncis dan butter secukupnya.
cara buat : masak jagung bersama dg daging tuna masak sebentar lalu masukan parutan buncis masak hingga semua bahan matang begitu matang masukkan butter..udah deh that simple...porsi buat 2x makan
sarapan aku buatin tepung kacang ijo saus air jeruk baby yg di kentelin pake maizena dikit. gagal totalll cuma masuk 5 suap itupun lama bener..akhirnya..bunda nyerah drpd esmosi kikikik..kluarin deh jurus andalan ..buka kancing dan nawarin mimik bunda..dia langsung serbu. ya udah sarapan ASI aja ya nakk ntar jam 10 maem buah ...
sorry ya again gak ada foto..gak sempat euyyy..

Kamis, 21 Agustus 2008

COBAAN

sebenarnya dah sejak senin nih bete dan sedih...
ceritanya kami berniat memperbaiki rembesan di langit2 dapur soalnya klo hujan deres bgt dapur bisa sampai banjir nah...karna bentar lg bulan puasa dan bulan puasa biasanya hujan jadi harus dibenerin donk. coba ngubungin tukang, tukangnya dateng ngliat bocornya trus nyuruh kita siapin bahan2 bla..bla..bla besok mo dikerjain kata dia. ya udh qt beli bahannya eh...ditunggu2 besokannya tukang itu gak dateng trus HP nya jg gak bisa dihubungi. qt ikhlas aja mungkin karna kerjaan terlalu dikit jd tukangnya males dia mungkin maunya yg kerjaan skalian banyak kali ya. ya, udh rencana benerin bocor ditunda dulu sambil nabung2 lagi. alhamdulillah ada rejeki dikit jd qt niat disamping benerin bocor jg mo skalian ngecar, ngaci tembok belakang sm ngeramik teras.lumayan kan..smoga aja tukangnya dah mau. karna dah kadung kecewa sm tukang yg lama qt nyari tukang lain lg. nah kebetulan tetangga lg ngecat jg dan udh mo slese ya udh qt coba tanya2 ternyata tukangnya mau. malem2 dtg qt nego harga (jasa sy borongin). seminggu kemudian pas malem minggu si tukang dateng ngasih catetan bahan yg harus qt beli sm bilang klo senin dia dah mo kerjain jd tlg bahan disediain trus dia minta DP dulu buat ongkos PP, gw karna kasihan dan mm dasarnya terlalu gampang percaya sm org ngasih aja 30% dr total ongkos.minggu2 sy dan suami jalan beli semen,pasir sm dempul.cat sm keramiknya dah ada.
hari senin ditunggu2 tukangnya gak dateng akhirnya suami berinisiatif telpon tukangnya bilang klo dia ijin dulu 2-3 hari karna mo nganter ibu sm anaknya ke kampung.Rabu malem sy telpon lg tanya kapan dia bs dateng dia bilang Jumat bu. qt tunggu Jumat (hari ini) subuh2 dia sms gak bisa dateng karna anaknya sakit. sy coba telpon HP nya gak aktif. Barusan sy coba telpon lg msh gak aktif pikiran negatif mulai menghampiris sy.Ya, Allah rasanya gimana gt. kok ya sy udh kasihan, bantuin dia kasi kerjaan,sy kasi DP pdhl dia blom mulai kerja tanpa kwitansi pula kok malah gini....sedihhhh dehhhhh
akhirnya ngobrol sm suami gimana ini..smp kapan qt mo nunggu pasir yg udh dibeli dah banyak yg hilang dipake mainan anak2lah, kebawa air lah...duhhh sedihhh
tp sy bilang ya sudahlah mungkin ini teguran dr Allah. mungkin secara gak sadar ada hak org lain dlm rejeki yg lupa qt keluarkan ato mungkin infaq dan sedekah msh kurang. tarik napas...istighfar..inilah hidup cm sy dah sering ditipu org karna terlalu gampang jatuh kasihan. suami sy jg suka mengingatkan tp prinsip sy "Niat sy bantu klo dia nipu/bohong sy tetap dapat kebaikan sy dr Allah..Insyaallah so nothing to loose"

ya..buat pak tukang kami msh coba percaya janji bapak sekali lg klo mo dateng hari minggu. smoga bapak menepati janji karna sudah jatuh akad loh pak....wallahu alam bisshowab...

COBAAN

sebenarnya dah sejak senin nih bete dan sedih...
ceritanya kami berniat memperbaiki rembesan di langit2 dapur soalnya klo hujan deres bgt dapur bisa sampai banjir nah...karna bentar lg bulan puasa dan bulan puasa biasanya hujan jadi harus dibenerin donk. coba ngubungin tukang, tukangnya dateng ngliat bocornya trus nyuruh kita siapin bahan2 bla..bla..bla besok mo dikerjain kata dia. ya udh qt beli bahannya eh...ditunggu2 besokannya tukang itu gak dateng trus HP nya jg gak bisa dihubungi. qt ikhlas aja mungkin karna kerjaan terlalu dikit jd tukangnya males dia mungkin maunya yg kerjaan skalian banyak kali ya. ya, udh rencana benerin bocor ditunda dulu sambil nabung2 lagi. alhamdulillah ada rejeki dikit jd qt niat disamping benerin bocor jg mo skalian ngecar, ngaci tembok belakang sm ngeramik teras.lumayan kan..smoga aja tukangnya dah mau. karna dah kadung kecewa sm tukang yg lama qt nyari tukang lain lg. nah kebetulan tetangga lg ngecat jg dan udh mo slese ya udh qt coba tanya2 ternyata tukangnya mau. malem2 dtg qt nego harga (jasa sy borongin). seminggu kemudian pas malem minggu si tukang dateng ngasih catetan bahan yg harus qt beli sm bilang klo senin dia dah mo kerjain jd tlg bahan disediain trus dia minta DP dulu buat ongkos PP, gw karna kasihan dan mm dasarnya terlalu gampang percaya sm org ngasih aja 30% dr total ongkos.minggu2 sy dan suami jalan beli semen,pasir sm dempul.cat sm keramiknya dah ada.
hari senin ditunggu2 tukangnya gak dateng akhirnya suami berinisiatif telpon tukangnya bilang klo dia ijin dulu 2-3 hari karna mo nganter ibu sm anaknya ke kampung.Rabu malem sy telpon lg tanya kapan dia bs dateng dia bilang Jumat bu. qt tunggu Jumat (hari ini) subuh2 dia sms gak bisa dateng karna anaknya sakit. sy coba telpon HP nya gak aktif. Barusan sy coba telpon lg msh gak aktif pikiran negatif mulai menghampiris sy.Ya, Allah rasanya gimana gt. kok ya sy udh kasihan, bantuin dia kasi kerjaan,sy kasi DP pdhl dia blom mulai kerja tanpa kwitansi pula kok malah gini....sedihhhh dehhhhh
akhirnya ngobrol sm suami gimana ini..smp kapan qt mo nunggu pasir yg udh dibeli dah banyak yg hilang dipake mainan anak2lah, kebawa air lah...duhhh sedihhh
tp sy bilang ya sudahlah mungkin ini teguran dr Allah. mungkin secara gak sadar ada hak org lain dlm rejeki yg lupa qt keluarkan ato mungkin infaq dan sedekah msh kurang. tarik napas...istighfar..inilah hidup cm sy dah sering ditipu org karna terlalu gampang jatuh kasihan. suami sy jg suka mengingatkan tp prinsip sy "Niat sy bantu klo dia nipu/bohong sy tetap dapat kebaikan sy dr Allah..Insyaallah so nothing to loose"

ya..buat pak tukang kami msh coba percaya janji bapak sekali lg klo mo dateng hari minggu. smoga bapak menepati janji karna sudah jatuh akad loh pak....wallahu alam bisshowab...

Kamis, 14 Agustus 2008

Nawra di acara menyusui serentak




Acara nya so Much Fun...salut buat AIMI deh..
Nawra juga seneng palagi liat marvel nari dia ketawa2 mulu hahahha

[MPASI] Makananku Hari ini

Rating:★★★★
Category:Other
Pulang kerja kemaren nawra dah bobo. Jadinya bunda punya kesempatan buat nyiapain bahan makanan nawra besok. Ehhh..baru aja mipil jagung naw bangun ya udh naw ikut beredar di lantai dapur sementara bunda nyiapin bahan makanannya..inilah hasilnya..

Sarapan : Sup jagung Tofu
Pipil Jagung, blend bersama seledri dan air secukupnya. Saring dan buang ampasnya. Masak diatas api, setelah matang masukan potongan tofu (tofu dipotong kotak kecil2) masak sebentar lalu angkat. Siap dinikmati..

Makan siang dan sore : Sup salmon kentang
Potong2 halus daun bawang dan seledri, bawang putih di cacah kasar. Tumis daun bawang, seledri dan bawang putih. Tumisnya pake air ya. Caranya pancinya dikasi air dikit kayak dikasi minyak klo qt numis. Aduk2 smp bumbu mateng trus masukin ikan salmon yg udah dicacah halus. Setelah warna salmon berubah tambahin air secukupnya, masukin wortel parut masak hingga matang. Setelah matang masukin kentang yg udh di rebus dan dihaluskan. Aduk2 sebentar..udah deh jadi.


[MPASI] Makananku Hari ini

Rating:★★★★
Category:Other
Pulang kerja kemaren nawra dah bobo. Jadinya bunda punya kesempatan buat nyiapain bahan makanan nawra besok. Ehhh..baru aja mipil jagung naw bangun ya udh naw ikut beredar di lantai dapur sementara bunda nyiapin bahan makanannya..inilah hasilnya..

Sarapan : Sup jagung Tofu
Pipil Jagung, blend bersama seledri dan air secukupnya. Saring dan buang ampasnya. Masak diatas api, setelah matang masukan potongan tofu (tofu dipotong kotak kecil2) masak sebentar lalu angkat. Siap dinikmati..

Makan siang dan sore : Sup salmon kentang
Potong2 halus daun bawang dan seledri, bawang putih di cacah kasar. Tumis daun bawang, seledri dan bawang putih. Tumisnya pake air ya. Caranya pancinya dikasi air dikit kayak dikasi minyak klo qt numis. Aduk2 smp bumbu mateng trus masukin ikan salmon yg udah dicacah halus. Setelah warna salmon berubah tambahin air secukupnya, masukin wortel parut masak hingga matang. Setelah matang masukin kentang yg udh di rebus dan dihaluskan. Aduk2 sebentar..udah deh jadi.


Rabu, 13 Agustus 2008

[MPASI] Aneka Bubur Tim

Rating:★★★★
Category:Other
Suer deh awalnya gw gak ngerti yg namanya bubur saring. Membayangkannya aja binun..bubur kok disaring. Apalg pernah nyoba bikin bubur tim buat nawra dg cara di blend walah..kok jadinya kayak lem gini kakakka…trus baca2 dan tanya2 sama yg jago . Lagian gw pikir dah saatnya naw dikenalin ke makanan yg lbh kasar supaya dia pinter ngunyah, nelen en merangsang pertumbuhan gigi secara until tudei msh ompong. Jadilah sejak umur 7 bln naw dah maem bubur tim saring 2x sehari siang dan sore. Akhir2 ini malah dah dicampur sm asisten, sebagian saring dan sebagian cm dibenyek2 ajah. Tudei qt coba sayuran di parut trus masak bubur dilembekin lg jd gak perlu disaring.
Ini macam2 bubur tim saring yg udh dilahap nawra. Sorry ye gak ada fotonya dah gak ada waktu buat moto kudu buru2 berangkat ke kantor euy…

1. Bubur tim tempe
2. Bubur tim tahu
3. Bubur tim kaldu ayam
4. Bubur Tim ikan salmon
5. Bubur Tim ikan tuna
6. Bubur Tim Belut
7. Bubur Tim Tuna Tofu
8. Bubur Tim Ati ayam
9. Bubur Tim Ati Ayam Tofu

Cara bikin :
Biasanya sy bikin buburnya dr nasi bukan beras, alasannya efisiensi waktu . Nasi langsung sy rebus bersama lauk (tempe, tahu, kaldu ayam, ikan salmon, etc)tujuannya biar skalian dpt kaldunya jg setelah lembut dan daging matang baru masukin sayur. Hindari nyampur2 terlalu banyak bahan makanan ya, kasian ntar si dd gak ngerti rasa. Klo lg rajin buburnya sy rebus terpisah dg sayurnya. Sayur sy rebus sendiri dg air kaldu. ntar klo mo makan br ambil secukupnya. Sayur yg udh dicoba : kangkung, buncis baby,wortel,labu siam,brokoli, kapri manis. So far br nyoba dikasi irisan bawang putih aja dlm buburnya. Tepung beras msh dimakan buat sarapan, biasanya dicampur buah2an tp skrg buahnya dah gak dibikin saus lg cukup dibenyek2 ajah.

[MPASI] Aneka Bubur Tim

Rating:★★★★
Category:Other
Suer deh awalnya gw gak ngerti yg namanya bubur saring. Membayangkannya aja binun..bubur kok disaring. Apalg pernah nyoba bikin bubur tim buat nawra dg cara di blend walah..kok jadinya kayak lem gini kakakka…trus baca2 dan tanya2 sama yg jago . Lagian gw pikir dah saatnya naw dikenalin ke makanan yg lbh kasar supaya dia pinter ngunyah, nelen en merangsang pertumbuhan gigi secara until tudei msh ompong. Jadilah sejak umur 7 bln naw dah maem bubur tim saring 2x sehari siang dan sore. Akhir2 ini malah dah dicampur sm asisten, sebagian saring dan sebagian cm dibenyek2 ajah. Tudei qt coba sayuran di parut trus masak bubur dilembekin lg jd gak perlu disaring.
Ini macam2 bubur tim saring yg udh dilahap nawra. Sorry ye gak ada fotonya dah gak ada waktu buat moto kudu buru2 berangkat ke kantor euy…

1. Bubur tim tempe
2. Bubur tim tahu
3. Bubur tim kaldu ayam
4. Bubur Tim ikan salmon
5. Bubur Tim ikan tuna
6. Bubur Tim Belut
7. Bubur Tim Tuna Tofu
8. Bubur Tim Ati ayam
9. Bubur Tim Ati Ayam Tofu

Cara bikin :
Biasanya sy bikin buburnya dr nasi bukan beras, alasannya efisiensi waktu . Nasi langsung sy rebus bersama lauk (tempe, tahu, kaldu ayam, ikan salmon, etc)tujuannya biar skalian dpt kaldunya jg setelah lembut dan daging matang baru masukin sayur. Hindari nyampur2 terlalu banyak bahan makanan ya, kasian ntar si dd gak ngerti rasa. Klo lg rajin buburnya sy rebus terpisah dg sayurnya. Sayur sy rebus sendiri dg air kaldu. ntar klo mo makan br ambil secukupnya. Sayur yg udh dicoba : kangkung, buncis baby,wortel,labu siam,brokoli, kapri manis. So far br nyoba dikasi irisan bawang putih aja dlm buburnya. Tepung beras msh dimakan buat sarapan, biasanya dicampur buah2an tp skrg buahnya dah gak dibikin saus lg cukup dibenyek2 ajah.