Jumat, 26 September 2008

MET IDUL FITRI - Pamit

teman2 semua alhamdulillah ni hari trakhir kerja ya bagi yg kerja. Insyaallah senin dah mulai libur lebaran dan cuti bersama smp seminggu kedepan. insyaallah senin kami mudik ke purbalingga by train. mohon doanya ya smoga perjalanan kami dlm niatan silaturahim ini dimudahkan oleh Allah, dilancarkan dlm perjalanan, diberikan keselamatan dan kesehatan smp kami bertiga balik lg ke tangerang.
Nawra lg batpil nih dah 3 hari ini. rabu kemaren sy bolos karna nawra lg rewel2nya gak mo lepas dr gendongan sy. smp tudei suhu badan msh naik turun dikisaran 36 -37 kata ayahnya td malah sempat 38. tp alhamdulillah naw msh tetap aktif, makan msh lahap, mik ASI msh lancar jd sy pikir no need to worry so much..ini hanya common cold bukan ? smoga naw bs cepat sembuh, dan bisa sehat2 dlm perjalanan dan slama di pbg. mohon doanya untuk nawra.
kami bertiga juga mohon maaf lahir dan bathin, met lebaran, smoga qt menjadi hamba yg maksimal ibadahnya di bulan ini bukan jd hamba yg merugi karna bulan obral pahala/ampunan lewat begitu saja tanpa ada bekas.
bagi yg gak mudik titip tangerang ye..hehe..
Assalamu'alaikum wr.wb

(Ayah-Bunda-dd Naw)

Kamis, 25 September 2008

MET IDUL FITRI - Pamit

teman2 semua alhamdulillah ni hari trakhir kerja ya bagi yg kerja. Insyaallah senin dah mulai libur lebaran dan cuti bersama smp seminggu kedepan. insyaallah senin kami mudik ke purbalingga by train. mohon doanya ya smoga perjalanan kami dlm niatan silaturahim ini dimudahkan oleh Allah, dilancarkan dlm perjalanan, diberikan keselamatan dan kesehatan smp kami bertiga balik lg ke tangerang.
Nawra lg batpil nih dah 3 hari ini. rabu kemaren sy bolos karna nawra lg rewel2nya gak mo lepas dr gendongan sy. smp tudei suhu badan msh naik turun dikisaran 36 -37 kata ayahnya td malah sempat 38. tp alhamdulillah naw msh tetap aktif, makan msh lahap, mik ASI msh lancar jd sy pikir no need to worry so much..ini hanya common cold bukan ? smoga naw bs cepat sembuh, dan bisa sehat2 dlm perjalanan dan slama di pbg. mohon doanya untuk nawra.
kami bertiga juga mohon maaf lahir dan bathin, met lebaran, smoga qt menjadi hamba yg maksimal ibadahnya di bulan ini bukan jd hamba yg merugi karna bulan obral pahala/ampunan lewat begitu saja tanpa ada bekas.
bagi yg gak mudik titip tangerang ye..hehe..
Assalamu'alaikum wr.wb

(Ayah-Bunda-dd Naw)

Minggu, 21 September 2008

[MPASI] Akhirnya makan nasi juga

dah sebulan ini nawra gak maem nasi samsek..favoritnya karbo nya adalah oatmeal ato havermouth. kadang suka aku selingi dengan kabocha, jagung dan kentang tp yg hampir tiap hari dimakan ya oatmeal. hari minggu kemaren aku coba bikinin tim lagi, buburnya aku masak lbh lama jd penampakannya dah kayak bubur yg dijual mamang2 bubur ayam . proteinnya pake teri nasi trus sayurnya pake kapri manis. bikinnya gampang lah setelah bubur lembek masukin deh teri nasi trus parutin 1 siung bawang putih. terakhir masukin kapri manis yg udh di iris tipis. setelah mateng smua tambahin 1 sdt butter. udh deh..lahap bgt nawra maemnya mungkin karna dah lama gak maem nasi plus buburnya lembek bgt.
Untuk cemilannya kebetulan stok buah lg habis en ada sisa kabocha jadilah aku bikinin talam kabocha. cara bikinnya gampang. kupas kabocha,potong2 kecil lalu rebus setelah matang blend dg sedikit air. encerkan 10 ml santan kental dg 100 ml air campur dengan 2 SDM tepung beras (sesuai selera) campur semua bahan jadi 1 (santan encer, kabocha blend, tep.beras)  lalu tambahkan bubuk kayu manis aduk rata. terakhir beri parutan keju diatasnya lalu kukus kurleb 20mnt. nih penampakannya karna gak punya cetakan talam yg kecil2 itu aku pake cetakan kue biasa pas mo dimaem di sendok sesuai ukuran porsi makan ajah. habis juga sm nawra 1 cetakan itu 2x makan. tips nya ya tepung beras jgn kebanyakan biar gak seret dan rasa kabocha lebih nendang. oya karna pake santan resep ini aku sarankan untuk umur 9 bulan keatas ya..

[MPASI] Akhirnya makan nasi juga

dah sebulan ini nawra gak maem nasi samsek..favoritnya karbo nya adalah oatmeal ato havermouth. kadang suka aku selingi dengan kabocha, jagung dan kentang tp yg hampir tiap hari dimakan ya oatmeal. hari minggu kemaren aku coba bikinin tim lagi, buburnya aku masak lbh lama jd penampakannya dah kayak bubur yg dijual mamang2 bubur ayam . proteinnya pake teri nasi trus sayurnya pake kapri manis. bikinnya gampang lah setelah bubur lembek masukin deh teri nasi trus parutin 1 siung bawang putih. terakhir masukin kapri manis yg udh di iris tipis. setelah mateng smua tambahin 1 sdt butter. udh deh..lahap bgt nawra maemnya mungkin karna dah lama gak maem nasi plus buburnya lembek bgt.
Untuk cemilannya kebetulan stok buah lg habis en ada sisa kabocha jadilah aku bikinin talam kabocha. cara bikinnya gampang. kupas kabocha,potong2 kecil lalu rebus setelah matang blend dg sedikit air. encerkan 10 ml santan kental dg 100 ml air campur dengan 2 SDM tepung beras (sesuai selera) campur semua bahan jadi 1 (santan encer, kabocha blend, tep.beras)  lalu tambahkan bubuk kayu manis aduk rata. terakhir beri parutan keju diatasnya lalu kukus kurleb 20mnt. nih penampakannya karna gak punya cetakan talam yg kecil2 itu aku pake cetakan kue biasa pas mo dimaem di sendok sesuai ukuran porsi makan ajah. habis juga sm nawra 1 cetakan itu 2x makan. tips nya ya tepung beras jgn kebanyakan biar gak seret dan rasa kabocha lebih nendang. oya karna pake santan resep ini aku sarankan untuk umur 9 bulan keatas ya..

Jumat, 19 September 2008

another timpukan..mencari sahabat lama

buat yang udah nimpuk mom annabelle dan mba okta maappp ya lately aku lg males bener nulis plus gak ada waktu juga. tudei hubby janji mo jemput jadi pulangnya rada telat ni bisa posting2 dulu. buat MPers yang lain sorry ya kalo pd bete baca timpukannnn mulu..plz komplen ke org yg ngasih jgn aku..

7 sahabat lama yang pengen aku temui :
1. Herlin Apriliani
orangnya putih dan cantik. temen SD di SD angkasa 1 Mandai, dulu seneng bgt maen ke rumahnya pdhl jauh bo mesti ngangkot dulu abis itu jalan kaki jauh pulak. tp seneng main kesana soale banyak makanan. nyokapnya seneng bikin cemilan dan aku suka minta bungkus...dasar gak tau malu ya...

2. Rosida
Temen SMP kalo gak salah pas naik kelas 2 SMP dia pindah. gak tau kemana..dimana ya..oya dulu aku SMP nya di SLTP Islam Athirah - Makassar (ni skul punya nya Haji Kalla bokapnya Wapres Yusuf Kalla..Athirah adalah nama ibunya Pak Yusuf yg dah Alm klo gak salah...halah gak penting crita gw)

3. Arfie Subarkah
temen SMP juga. ni cowok...haha inget dia dulu suka sama aku lama bgt tp aku gak suka. bayangin dr kelas 1 sampai kelas 2 trus dia pindah ke jawa ikut ortunya. just wondering how is he now. soalnya orgnya baik bgt..mungkin aja dah punya keluarga ya kayak gw.

4. Citra
Temen SMP juga naik kelas 2 dia pindah ke JKT ikut ortunya.anaknya baik suka nolongin aku dulu sempat kontak di FS tapi kok dah lamaaaaaa bgt FS nya gak ditengok. where are you cit..

5. Sita Maziyah
temen SMP dia dulu pindahan dr Bali. anaknya baik dan polos. gw suka sama ni anak, tp gw terpengaruh sm temen dan melakukan kesalahan.trus Sita marah. gw telpon2 mo minta maap dia gak mo terima telpon gw trus lama2 notel dia hilang. gw loose kontak samsek. where are you Sita...gw cuma mo minta maap aja sm elu atas smua kesalahan gw. klo lu gak mo lg kenal sm gw gak masalah yg penting gw dah bisa minta maap atas kesalahan gw.i really miss ur laugh..

6. dah gak ada lg kayaknya..maap gak cukup 7 cm temen2 SMP aja yg banyak loose contact sama temen SMU gw msh kontak2an palagi temen kuliah. pls kalo ada yg kenal salah satu nama diatas..kasi tau ya..

7 temen di MP yg gw pengen bgt ketemu
1. Mba Hani umminya Alif (luvhoney.multiply.com)dah lama kenal lewat FS,chat, MP dan sms tp blom pernah ketemu.
2. Mba okta (ataqi.multiply.com) ni sepupunya mba hani dah lama kenal juga FS, Chat, MP dan sms an..penasaran euy..
3. Inne istrinya pak yudhi sering bgt chat, telpn2an, smsan sm ni ibu. cela2an dah kayak sodara deh. temen seperjuangan "pejuang hamil" dulu waktu gw msh usaha dpt nawra. janji kopdar bolak balik gak jadi2. ne kapan nih ketemu.
4. Titiem (nengtiem.mp.com) penasaran soale deket sama2 di tng tp kok gak bs ketemu
5. Mba Ratih bundanya neng aya (alikastore.mp.com) yg sering gw contekin resep MPASI nya..kapan ya gw ke BDG.
6. Mba Ajeng mamanya Abang Chemy (Liesadjeng.mp.com) yg rajin bgt main ke rumah ku..pinter masak jg..kapan donk gw dpt masakan gratis dr elu mba ?
7. Anak2 rum bumil yg blom pernah ketemu Inda ibunya nadya, itha mamanya deadevlin, sifa, 3, lili, mb eva, bunda 3f, anna mommy myson, nadd bunda lora, semuaaa gw penasaran euyyy

yang mo gw timpuk...
Nama2 diatas yang blom bikin. ayo donk bikin ...

another timpukan..mencari sahabat lama

buat yang udah nimpuk mom annabelle dan mba okta maappp ya lately aku lg males bener nulis plus gak ada waktu juga. tudei hubby janji mo jemput jadi pulangnya rada telat ni bisa posting2 dulu. buat MPers yang lain sorry ya kalo pd bete baca timpukannnn mulu..plz komplen ke org yg ngasih jgn aku..

7 sahabat lama yang pengen aku temui :
1. Herlin Apriliani
orangnya putih dan cantik. temen SD di SD angkasa 1 Mandai, dulu seneng bgt maen ke rumahnya pdhl jauh bo mesti ngangkot dulu abis itu jalan kaki jauh pulak. tp seneng main kesana soale banyak makanan. nyokapnya seneng bikin cemilan dan aku suka minta bungkus...dasar gak tau malu ya...

2. Rosida
Temen SMP kalo gak salah pas naik kelas 2 SMP dia pindah. gak tau kemana..dimana ya..oya dulu aku SMP nya di SLTP Islam Athirah - Makassar (ni skul punya nya Haji Kalla bokapnya Wapres Yusuf Kalla..Athirah adalah nama ibunya Pak Yusuf yg dah Alm klo gak salah...halah gak penting crita gw)

3. Arfie Subarkah
temen SMP juga. ni cowok...haha inget dia dulu suka sama aku lama bgt tp aku gak suka. bayangin dr kelas 1 sampai kelas 2 trus dia pindah ke jawa ikut ortunya. just wondering how is he now. soalnya orgnya baik bgt..mungkin aja dah punya keluarga ya kayak gw.

4. Citra
Temen SMP juga naik kelas 2 dia pindah ke JKT ikut ortunya.anaknya baik suka nolongin aku dulu sempat kontak di FS tapi kok dah lamaaaaaa bgt FS nya gak ditengok. where are you cit..

5. Sita Maziyah
temen SMP dia dulu pindahan dr Bali. anaknya baik dan polos. gw suka sama ni anak, tp gw terpengaruh sm temen dan melakukan kesalahan.trus Sita marah. gw telpon2 mo minta maap dia gak mo terima telpon gw trus lama2 notel dia hilang. gw loose kontak samsek. where are you Sita...gw cuma mo minta maap aja sm elu atas smua kesalahan gw. klo lu gak mo lg kenal sm gw gak masalah yg penting gw dah bisa minta maap atas kesalahan gw.i really miss ur laugh..

6. dah gak ada lg kayaknya..maap gak cukup 7 cm temen2 SMP aja yg banyak loose contact sama temen SMU gw msh kontak2an palagi temen kuliah. pls kalo ada yg kenal salah satu nama diatas..kasi tau ya..

7 temen di MP yg gw pengen bgt ketemu
1. Mba Hani umminya Alif (luvhoney.multiply.com)dah lama kenal lewat FS,chat, MP dan sms tp blom pernah ketemu.
2. Mba okta (ataqi.multiply.com) ni sepupunya mba hani dah lama kenal juga FS, Chat, MP dan sms an..penasaran euy..
3. Inne istrinya pak yudhi sering bgt chat, telpn2an, smsan sm ni ibu. cela2an dah kayak sodara deh. temen seperjuangan "pejuang hamil" dulu waktu gw msh usaha dpt nawra. janji kopdar bolak balik gak jadi2. ne kapan nih ketemu.
4. Titiem (nengtiem.mp.com) penasaran soale deket sama2 di tng tp kok gak bs ketemu
5. Mba Ratih bundanya neng aya (alikastore.mp.com) yg sering gw contekin resep MPASI nya..kapan ya gw ke BDG.
6. Mba Ajeng mamanya Abang Chemy (Liesadjeng.mp.com) yg rajin bgt main ke rumah ku..pinter masak jg..kapan donk gw dpt masakan gratis dr elu mba ?
7. Anak2 rum bumil yg blom pernah ketemu Inda ibunya nadya, itha mamanya deadevlin, sifa, 3, lili, mb eva, bunda 3f, anna mommy myson, nadd bunda lora, semuaaa gw penasaran euyyy

yang mo gw timpuk...
Nama2 diatas yang blom bikin. ayo donk bikin ...

Kamis, 18 September 2008

[ASI] SUSU TERCEMAR

Barusan lihat berita di Indosiar. puluhan / ratusan bayi di China harus dilarikan ke rumah sakit dan mendapat perawatan akibat susu yang tercemar.
Sedih lihat tuh bayi2 pada nangis kesakitan, di infus, dikasi obat2an macem2 pastinya..

Ayo donk bu kembali ke ASI InsyaAllah itu yang terbaik buat anak kita. gak akan ada resiko keracunan, tercemar, alergi, dll..Wallau Alam..


(menyemangati diri sendiri yang mulai merasa capek memerah :(

[ASI] SUSU TERCEMAR

Barusan lihat berita di Indosiar. puluhan / ratusan bayi di China harus dilarikan ke rumah sakit dan mendapat perawatan akibat susu yang tercemar.
Sedih lihat tuh bayi2 pada nangis kesakitan, di infus, dikasi obat2an macem2 pastinya..

Ayo donk bu kembali ke ASI InsyaAllah itu yang terbaik buat anak kita. gak akan ada resiko keracunan, tercemar, alergi, dll..Wallau Alam..


(menyemangati diri sendiri yang mulai merasa capek memerah :(

Kamis, 11 September 2008

Mudik dulu ya

Start:     Sep 29, '08 08:15a
End:     Oct 4, '08
Location:     Purbalingga- Jateng
Dah almost 3 tahun suami gak pulang kampung...ada aja halangannya. Tahun ini alhamdulillah diberi kemudahan sama Allah untuk dapet tiket KA PP so...Insyaallah tahun ini kita mudik ke kampung suami. ngumpul sama keluarga besar suami disana, ngerayain idul fitri 1429H. doakan smua lancar ya soalnya pasti bakal ribet secara dah ada ekor...bawaannya dijamin seabrek..

yang mo kopdaran ditunggu kabarnya ya...hehe secara qt cuma bentaran nih mudiknya..serabi alun2 here i comeeeeeee

Timpukan Empat

Kenapa sihhh pada hobi banget nimpukin orang  dah dua nih yg nimpuk mba hani (luvhoney.multiply.com) sama bundanya neng aya (alikastore.multiply.com)
iya...iya...gw kerjain PR nya...

Empat Pekerjaan yang pernah dilakuin
1. Guru english di SMP terbuka sama kursusan anak2 SD
2. Staf di Perusahaan Kontraktor
3. Staf Logistik di PT. SSI anak perusahaan BNI nih yg kerjanya benerin ATM
4. Teknisi di sebuah BUMN sekarang sih dah di Staf teknik nya dah gak ke lapangan lagi.

Empat TV Show yang suka ditonton
1. Oprah Show
2. Nanny 911
3. Gossip Girl
5. Heroes

Empat Film yang disukai
1. Pretty Woman gak ada matinya
2. Armageddon
3. Behind The Enemy Lines
4. Pearl Harbor

Empat Tempat tinggal :
1. Ambon pernah nih secara bokap civil servant
2. Makassar
3. Curug Tangerang..asrama euyyyy
4. Cipondoh Tangerang...rumahnya si Naw2

Empat Makanan Favorit
1. Coto Makassar
2. Ikan Bakar pake sambel dabu2
3. Coklat dan segala olahannya
4. Es krimmm donkkkk

Empat situs yang sering dikunjungi :
1. MP
2. Friendster
3. Yahoo
4. Google

Empat yg dapet timpukan gw....siap2 ya...
1. Inda ibunya nadya
2. Triembil
3. Itha mamanya dea devlin
4. sapa lagi ya...satu lagi...emmmm...gimana kalo mommy annabelle..

Bu..dikerjain PR nya ya Bu

Timpukan Empat

Kenapa sihhh pada hobi banget nimpukin orang  dah dua nih yg nimpuk mba hani (luvhoney.multiply.com) sama bundanya neng aya (alikastore.multiply.com)
iya...iya...gw kerjain PR nya...

Empat Pekerjaan yang pernah dilakuin
1. Guru english di SMP terbuka sama kursusan anak2 SD
2. Staf di Perusahaan Kontraktor
3. Staf Logistik di PT. SSI anak perusahaan BNI nih yg kerjanya benerin ATM
4. Teknisi di sebuah BUMN sekarang sih dah di Staf teknik nya dah gak ke lapangan lagi.

Empat TV Show yang suka ditonton
1. Oprah Show
2. Nanny 911
3. Gossip Girl
5. Heroes

Empat Film yang disukai
1. Pretty Woman gak ada matinya
2. Armageddon
3. Behind The Enemy Lines
4. Pearl Harbor

Empat Tempat tinggal :
1. Ambon pernah nih secara bokap civil servant
2. Makassar
3. Curug Tangerang..asrama euyyyy
4. Cipondoh Tangerang...rumahnya si Naw2

Empat Makanan Favorit
1. Coto Makassar
2. Ikan Bakar pake sambel dabu2
3. Coklat dan segala olahannya
4. Es krimmm donkkkk

Empat situs yang sering dikunjungi :
1. MP
2. Friendster
3. Yahoo
4. Google

Empat yg dapet timpukan gw....siap2 ya...
1. Inda ibunya nadya
2. Triembil
3. Itha mamanya dea devlin
4. sapa lagi ya...satu lagi...emmmm...gimana kalo mommy annabelle..

Bu..dikerjain PR nya ya Bu

Senin, 08 September 2008

[EVENT SHARING ASI] Hari-Hari Penuh Cinta dengan ASI

Tulisan ini diposting dalam rangka event ini

8 Bulan 21 hari sudah aku menyusui Anak Pertama ku Nawra Mumtaz Fazila. keberhasilanku atas ASIX dan masih tetap ASI saja tanpa susu tambahan sampai saat ini adalah wujud kecintaan Allah SWT yang begitu besar terhadapku dan nawra. Kenapa aku katakan seperti itu karna JUJUR aku memulai perjuanganku akan ASI dengan pengetahuan yang NOL besar. Tanpa persiapan yang matang, tanpa idealisme apapun, tanpa tekad apapun. Di kehamilan 9 bulan pun aku msh berpikir bahwa No Problem dengan penambahan sufor klo nanti ASI ku kurang. Sampai datangnya hari itu dimana aku menahan sakit selama berjam-jam menunggu bayiku terlahir ke dunia, ketika pertama kali nawra diletakkan didadaku dan mulai menghisap (thanks to dokter ira yang membantu proses kelahiran dan IMD) saat itu juga entah ada kekuatan darimana aku tekadkan diriku untuk memberikan ASIX bagi anakku. Saat nawra hendak dibawa ke Kamar Bayi aku bilang dengan tegas kepada Bu suster “ Suster, saya mau ASIX jadi jangan berikan SUFOR kepada bayi saya”. Aku kemudian meminta suamiku untuk upgrade kamar ke VIP (jatah kantor hanya kelas I Utama) dengan harapan bisa rooming in dengan si bayi tapi ternyata RS tempatku melahirkan tidak memberikan fasilitas Rooming in. akhirnya aku minta ke kelas I standar sj supaya lebih dekat dengan kamar bayi, kamar I utama terletak di gedung yg berbeda dengan Kamar Bayi.

Jangan tanyakan buruknya pelayanan di RS ini. Bayangkan saja selama 4 hari dirawat disana tidak sekalipun aku ditengok suster. Waktu itu aku masuk kamar inap jam 2 malam jam 6 pagi ingin buang air kecil. Aku panggil suster untuk membantuku melepas gurita karna pembalut dipasang melekat dengan gurita supaya tdk bergeser jadi supaya bisa pipis aku harus lepas gurita dulu. Ditambah lagi kerepotan karna infus masih terpasang. Tp si suster datang hanya untuk menyuruhku pipis sendiri. Sedih dan marah tapi sudahlah..ada hal yg lebih penting untuk diurusi yaitu bayiku. Pukul 6.30 bayiku diantar ke kamar untuk menyusui yg pertama kali. Alhamdulillah..lancar karna sejak hamil 5 bulan ASI ku memang sudah keluar jadi sejak awal gak ada kekhawatiran. Hanya sekali itu saja bayiku diantar kekamar selebihnya setiap jam aku ke kamar bayi untuk menyusui anakku saking takutnya anakku dikasi sufor.sambil menahan sakit bekas jahitan yg lumayan banyak. Begitu terus selama 4 hari. Bolak-balik setiap jam ke kamar bayi. Susternya ada yang sampai sebel sama aku saking seringnya aku ke kamar bayi. Tiap kali liat aku tuh suster manyunnya minta ampun. Tapi EGP ah…wong ini anakku dan Hak ku donk mau menemuinya berapa kali juga.

Sekarang waktunya pulang ke rumah. Nawra agak kuning tapi dokter meyakinkan itu tidak masalah sesering mungkin disusui dan dijemur tiap pagi InsyaAllah kuningnya akan hilang. Melihat kondisi ini Suami, Ibu mertua dan Ibuku sendiri memaksa untuk memberikan tambahan Sufor minimal sampai kuning nawra hilang. Setelah diberi penjelasan suami dan ibuku mau mendukung untuk ASIX hanya ibu mertua yg msh memaksa untuk diberikan Sufor. Namun aku bertahan untuk tetap ASIX. Hari-hari pertama kepulanganku dan nawra ke rumah dipenuhi dengan airmata. Mungkin karna hormone yg belum stabil, jengkel dengan kurangnya dukungan akan ASIX membuat tiap saat mataku bengkak karna terlalu banyak menangis. Syukurlah msh ada teman2 di Room Bumil (Member milis kehamilan yg buka rum chat) yg memberikan dukungan dan semangat.

Umur 4 bulan, 1 bulan setelah aku kembali bekerja Nawra mengalami nursing strike alias bingung puting. Awalnya panik banget nawra gak mau nenen tapi kalau dikasi ASIP pake botol dia lahap. Duh, rasanya sedih Ya, Allah apakah perjuanganku untuk ASIX harus terhenti disini. Pagi-pagi dikantor langsung Online dan chat sama PGMF Mom (Mba Eva). Disemangatin supaya tetap tenang, jangan panik, jangan menyerah terus sodorkan nenen. Alhamdulillah, di hari ke 3 Nawra dah mau nenen lagi awalnya dia hany menghisap diujung puting tapi pelan-pelan kembali aku ajarkan supaya menyusu pada areola.

Diusia 5 bulan aku harus dinas ke Semarang 2 hari waduhh ngejar stok ASI dah kayak orang kalap tapi mungkin karna dah panik duluan Cuma bisa nyetok 10 botol saja isi 100-120 cc. esok harinya pagi2 suami dah telpon dan bilang klo stok tinggal 2 botol dan kayaknya gak mungkin bisa sampai sore nawra biasa minum siang 3-4 botol. Siang suami telpon lg katanya stok tinggal 1 dengan berat hati aku ikhlaskan suami beli sufor tapi aku msh pesan “diusahakan ya supaya gak kena sufor. Sore sebelum take off aku telpon dan Tanya suami bilang nawra gak mo minum sufor (yaaa…brarti dah kena sufor dia..sedihh bgt di pesawat aku dah nangis ajah). Pas tiba di Jakarta kebetulan suami dan nawra menjemput suami langsung bilang “bunda mimikin aku donk udah haus banget nih” dan surprise ternyata gak dikasi sufor. Stok yang sisa 1 botol 120cc dibagi 3 buat 3x minum dan diminumkan sebelum nawra laper trus seharian nawra digendong terus biar gak banyak main.kalo banyak main jadi haus terus kata Ayahnya. Aduh, bangga banget sm my breastfeeding father..benar-benar support ASIX.

Akhirnya setelah jungkir balik dengan ASIP saat-saat yang dinantikan itupun tiba. Nawra Lulus ASIX…Alhamdulillah syukur yang tak terkira aku panjatkan. Rasa bangga menelusup dalam dada..aku bisa memberikan yang terbaik untuk anakku walaupun aku bekerja dari pagi sampai sore Nawra tetap bisa mendapatkan haknya secara utuh atas ASI…Alhamdulillah Ya, Allah. Setelah lulus ASIX,  ASI nawra sudah ditemani MPASI, dan bunda bertekad memberikan MPASI buatan sendiri. Lebih sehat bagi nawra.  

Sekarang kami sedang berjuang menuju ASI 1 tahun, dan sedang menghadapi tantangan berat karna bunda berniat untuk puasa ramadhan 1 pekan ramadhan bisa terlewati dengan baik, stok masih tersedia walaupun tidak banyak. Aku gak mau stress dg urusan stok asal impas saja tiap harinya sudah sangat bersyukur karna kalau pusing dengan stok bisa2 ASI semakin sedikit.  Smoga semua bisa berjalan lancar ya bunda sukses shaum ramadhan dan Nawra sukses ASI 1 tahunnya…..doakan kami ya para sobat ASI semuanya…..Ayo berjuang untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati kita tercinta….HIDUP ASI !!

             



[EVENT SHARING ASI] Hari-Hari Penuh Cinta dengan ASI

Tulisan ini diposting dalam rangka event ini

8 Bulan 21 hari sudah aku menyusui Anak Pertama ku Nawra Mumtaz Fazila. keberhasilanku atas ASIX dan masih tetap ASI saja tanpa susu tambahan sampai saat ini adalah wujud kecintaan Allah SWT yang begitu besar terhadapku dan nawra. Kenapa aku katakan seperti itu karna JUJUR aku memulai perjuanganku akan ASI dengan pengetahuan yang NOL besar. Tanpa persiapan yang matang, tanpa idealisme apapun, tanpa tekad apapun. Di kehamilan 9 bulan pun aku msh berpikir bahwa No Problem dengan penambahan sufor klo nanti ASI ku kurang. Sampai datangnya hari itu dimana aku menahan sakit selama berjam-jam menunggu bayiku terlahir ke dunia, ketika pertama kali nawra diletakkan didadaku dan mulai menghisap (thanks to dokter ira yang membantu proses kelahiran dan IMD) saat itu juga entah ada kekuatan darimana aku tekadkan diriku untuk memberikan ASIX bagi anakku. Saat nawra hendak dibawa ke Kamar Bayi aku bilang dengan tegas kepada Bu suster “ Suster, saya mau ASIX jadi jangan berikan SUFOR kepada bayi saya”. Aku kemudian meminta suamiku untuk upgrade kamar ke VIP (jatah kantor hanya kelas I Utama) dengan harapan bisa rooming in dengan si bayi tapi ternyata RS tempatku melahirkan tidak memberikan fasilitas Rooming in. akhirnya aku minta ke kelas I standar sj supaya lebih dekat dengan kamar bayi, kamar I utama terletak di gedung yg berbeda dengan Kamar Bayi.

Jangan tanyakan buruknya pelayanan di RS ini. Bayangkan saja selama 4 hari dirawat disana tidak sekalipun aku ditengok suster. Waktu itu aku masuk kamar inap jam 2 malam jam 6 pagi ingin buang air kecil. Aku panggil suster untuk membantuku melepas gurita karna pembalut dipasang melekat dengan gurita supaya tdk bergeser jadi supaya bisa pipis aku harus lepas gurita dulu. Ditambah lagi kerepotan karna infus masih terpasang. Tp si suster datang hanya untuk menyuruhku pipis sendiri. Sedih dan marah tapi sudahlah..ada hal yg lebih penting untuk diurusi yaitu bayiku. Pukul 6.30 bayiku diantar ke kamar untuk menyusui yg pertama kali. Alhamdulillah..lancar karna sejak hamil 5 bulan ASI ku memang sudah keluar jadi sejak awal gak ada kekhawatiran. Hanya sekali itu saja bayiku diantar kekamar selebihnya setiap jam aku ke kamar bayi untuk menyusui anakku saking takutnya anakku dikasi sufor.sambil menahan sakit bekas jahitan yg lumayan banyak. Begitu terus selama 4 hari. Bolak-balik setiap jam ke kamar bayi. Susternya ada yang sampai sebel sama aku saking seringnya aku ke kamar bayi. Tiap kali liat aku tuh suster manyunnya minta ampun. Tapi EGP ah…wong ini anakku dan Hak ku donk mau menemuinya berapa kali juga.

Sekarang waktunya pulang ke rumah. Nawra agak kuning tapi dokter meyakinkan itu tidak masalah sesering mungkin disusui dan dijemur tiap pagi InsyaAllah kuningnya akan hilang. Melihat kondisi ini Suami, Ibu mertua dan Ibuku sendiri memaksa untuk memberikan tambahan Sufor minimal sampai kuning nawra hilang. Setelah diberi penjelasan suami dan ibuku mau mendukung untuk ASIX hanya ibu mertua yg msh memaksa untuk diberikan Sufor. Namun aku bertahan untuk tetap ASIX. Hari-hari pertama kepulanganku dan nawra ke rumah dipenuhi dengan airmata. Mungkin karna hormone yg belum stabil, jengkel dengan kurangnya dukungan akan ASIX membuat tiap saat mataku bengkak karna terlalu banyak menangis. Syukurlah msh ada teman2 di Room Bumil (Member milis kehamilan yg buka rum chat) yg memberikan dukungan dan semangat.

Umur 4 bulan, 1 bulan setelah aku kembali bekerja Nawra mengalami nursing strike alias bingung puting. Awalnya panik banget nawra gak mau nenen tapi kalau dikasi ASIP pake botol dia lahap. Duh, rasanya sedih Ya, Allah apakah perjuanganku untuk ASIX harus terhenti disini. Pagi-pagi dikantor langsung Online dan chat sama PGMF Mom (Mba Eva). Disemangatin supaya tetap tenang, jangan panik, jangan menyerah terus sodorkan nenen. Alhamdulillah, di hari ke 3 Nawra dah mau nenen lagi awalnya dia hany menghisap diujung puting tapi pelan-pelan kembali aku ajarkan supaya menyusu pada areola.

Diusia 5 bulan aku harus dinas ke Semarang 2 hari waduhh ngejar stok ASI dah kayak orang kalap tapi mungkin karna dah panik duluan Cuma bisa nyetok 10 botol saja isi 100-120 cc. esok harinya pagi2 suami dah telpon dan bilang klo stok tinggal 2 botol dan kayaknya gak mungkin bisa sampai sore nawra biasa minum siang 3-4 botol. Siang suami telpon lg katanya stok tinggal 1 dengan berat hati aku ikhlaskan suami beli sufor tapi aku msh pesan “diusahakan ya supaya gak kena sufor. Sore sebelum take off aku telpon dan Tanya suami bilang nawra gak mo minum sufor (yaaa…brarti dah kena sufor dia..sedihh bgt di pesawat aku dah nangis ajah). Pas tiba di Jakarta kebetulan suami dan nawra menjemput suami langsung bilang “bunda mimikin aku donk udah haus banget nih” dan surprise ternyata gak dikasi sufor. Stok yang sisa 1 botol 120cc dibagi 3 buat 3x minum dan diminumkan sebelum nawra laper trus seharian nawra digendong terus biar gak banyak main.kalo banyak main jadi haus terus kata Ayahnya. Aduh, bangga banget sm my breastfeeding father..benar-benar support ASIX.

Akhirnya setelah jungkir balik dengan ASIP saat-saat yang dinantikan itupun tiba. Nawra Lulus ASIX…Alhamdulillah syukur yang tak terkira aku panjatkan. Rasa bangga menelusup dalam dada..aku bisa memberikan yang terbaik untuk anakku walaupun aku bekerja dari pagi sampai sore Nawra tetap bisa mendapatkan haknya secara utuh atas ASI…Alhamdulillah Ya, Allah. Setelah lulus ASIX,  ASI nawra sudah ditemani MPASI, dan bunda bertekad memberikan MPASI buatan sendiri. Lebih sehat bagi nawra.  

Sekarang kami sedang berjuang menuju ASI 1 tahun, dan sedang menghadapi tantangan berat karna bunda berniat untuk puasa ramadhan 1 pekan ramadhan bisa terlewati dengan baik, stok masih tersedia walaupun tidak banyak. Aku gak mau stress dg urusan stok asal impas saja tiap harinya sudah sangat bersyukur karna kalau pusing dengan stok bisa2 ASI semakin sedikit.  Smoga semua bisa berjalan lancar ya bunda sukses shaum ramadhan dan Nawra sukses ASI 1 tahunnya…..doakan kami ya para sobat ASI semuanya…..Ayo berjuang untuk memberikan yang terbaik bagi buah hati kita tercinta….HIDUP ASI !!

             



Jumat, 05 September 2008

[MPASI] Aneka Olahan Karbohidrat

Rating:★★★★★
Category:Other
Sudah hampir 2 minggu ini Nawra gak semangat makan bubur nasi. gak GTM tapi kalo makan lamaaa bgt. mungkin naw terpaksa makan karna laper kali yak..kan kasian klo liat gitu..trus bunda kasi jagung lahap. kentang lahap,makaroni lahap, oatmeal apalagii sampai mangap2 sendiri pdhl bunda blom nyodorin sendok..
ini beberapa olahan MPASI nawra dengan karbohidrat selain nasi/beras

1. Bubur Jagung Tuna
Pipil 2 buah jagung, blender bersama seledri dengan 200 ml air, saring, sisihkan. Haluskan tuna dengan grinder, sisihkan. tumis bawang merah dan bawang putih dengan butter unsalted setelah harum beri sedikit air lalu masukin tuna aduk2 bentar masukin deh jagungnya masak hingga matang.
2. Bubur Sup Kentang
Bahan kayak mo bikin Sop ya : wortel Parut, Buncis Parut, Kentang potong kecil2, daging giling. Tumis bawang putih dengan butter unsalted setelah harum berikan sedikit air lalu masukkan daging aduk2 sebentar masukkan kentang, wortel dan buncis tambahkan air masak hingga matang
3. Bubur Makaroni : Cara Pembuatan sama dengan sop kentang hanya kentang diganti makaroni
4.Oatmeal Saus Jagung Tuna : ini mirip sama resep no.2 cuma jagungnya dikit aja cuma buat ngentelin kuah. oatmeal dimasak terpisah setelah masak dimakan bareng saus jagung deh.
5. Tumis Labu siam tahu, tumis bawang merah dan putih denga butter setelah wangi beri sedikit air aduk2 sebentar masukkan labu siam parut dan tahu yang sudah dihaluskan. aduk2 tambahkan air masak hingga matang dan air habis. untuk karbonya aku pake oatmeal.

gak mesti aku tumis bumbunya kadang hanya digodok tapi terakhiran setelah matang aku kasi butter dikit untuk citarasa.

ini yang difoto adalah oatmeal saus jagung tuna..
sebenarnya rada ribet bikinin MPASI nawra soale Naw masih ompong.ngunyah dia dah mau tapi klo terlalu kasar dia capek ngunyah dan akhirnya brenti makan...

Note : Dinas sorry ye gw lg gak punya resep Tim nasi soale dah lama gak bikin jadi lu minta gw bingung juga. coba ini aja tp gak usah pake butter dulu nunggu umam 8 bulan ya.

Nawra 8 bulan




Udah 8 bulan Nawra dah mulai belajar berdiri, naik-turun tempat tidur, merangkak nya dah ngebuttt, ngocehhhh terusss, makin pinter maemnya tapi lg gak mo makan Bubur Nasi..masih ompong..hahaha
sehat2 terus ya nak. bunda slalu mendoakan dan menyayangimu.

[MPASI] Aneka Olahan Karbohidrat

Rating:★★★★★
Category:Other
Sudah hampir 2 minggu ini Nawra gak semangat makan bubur nasi. gak GTM tapi kalo makan lamaaa bgt. mungkin naw terpaksa makan karna laper kali yak..kan kasian klo liat gitu..trus bunda kasi jagung lahap. kentang lahap,makaroni lahap, oatmeal apalagii sampai mangap2 sendiri pdhl bunda blom nyodorin sendok..
ini beberapa olahan MPASI nawra dengan karbohidrat selain nasi/beras

1. Bubur Jagung Tuna
Pipil 2 buah jagung, blender bersama seledri dengan 200 ml air, saring, sisihkan. Haluskan tuna dengan grinder, sisihkan. tumis bawang merah dan bawang putih dengan butter unsalted setelah harum beri sedikit air lalu masukin tuna aduk2 bentar masukin deh jagungnya masak hingga matang.
2. Bubur Sup Kentang
Bahan kayak mo bikin Sop ya : wortel Parut, Buncis Parut, Kentang potong kecil2, daging giling. Tumis bawang putih dengan butter unsalted setelah harum berikan sedikit air lalu masukkan daging aduk2 sebentar masukkan kentang, wortel dan buncis tambahkan air masak hingga matang
3. Bubur Makaroni : Cara Pembuatan sama dengan sop kentang hanya kentang diganti makaroni
4.Oatmeal Saus Jagung Tuna : ini mirip sama resep no.2 cuma jagungnya dikit aja cuma buat ngentelin kuah. oatmeal dimasak terpisah setelah masak dimakan bareng saus jagung deh.
5. Tumis Labu siam tahu, tumis bawang merah dan putih denga butter setelah wangi beri sedikit air aduk2 sebentar masukkan labu siam parut dan tahu yang sudah dihaluskan. aduk2 tambahkan air masak hingga matang dan air habis. untuk karbonya aku pake oatmeal.

gak mesti aku tumis bumbunya kadang hanya digodok tapi terakhiran setelah matang aku kasi butter dikit untuk citarasa.

ini yang difoto adalah oatmeal saus jagung tuna..
sebenarnya rada ribet bikinin MPASI nawra soale Naw masih ompong.ngunyah dia dah mau tapi klo terlalu kasar dia capek ngunyah dan akhirnya brenti makan...

Note : Dinas sorry ye gw lg gak punya resep Tim nasi soale dah lama gak bikin jadi lu minta gw bingung juga. coba ini aja tp gak usah pake butter dulu nunggu umam 8 bulan ya.