Selasa, 29 Desember 2009

Al : Belajar makan

Memberikan MPASI dan mengajarkan makan kepada Al ternyata jauh lebih susah dr nawra. Sy tdk mengerti kenapa, apa karna tdk konsisten waktunya, tdk konsisten caranya, I don’t know…swami bilang karna gak rutin seperti nawra. .i dont know..

 Sampai sebulan belajar makan Al blm jago juga…lebih banyak yg disembur drpd ditelannya..sesi makan lebih banyak gagal drpd berhasilnya..kadang berakhir dg tangisan Al yg ditelinga sy sangat menjengkelkan ..klo sdh tdk fun lg sesi makan langsung berakhir…sy memilih berhenti dan mencoba di sesi makan berikutnya…

Al ini pinter banget deh..disodorin sendok mulutnya mangap, disuapin diterima aja kita pikir ditelan ternyata tidak saudara2 dikumpulin dimulutnya trus bueeehhh dilepehin sm dia..ato kalo gak ..pas sendok ditempelin ke bibirnya langsung di sembur dan  klo dah nemu cara nyembur bs dipastikan seluruh sesi makan adalah sembur menyembur disertai dengan cengiran tengilnya ..buahh..buahhh…buahhhh…gitu ngomongnya…wekksss

Duhh…Al kenapa sih gak mau kerja sama ma bunda..klo begini terus uti mu bs berasumsi bahwa makanan yg km makan gak enak makanya km gak mau..pdhl km kan blm ngerti rasa nak


sejauh ini Al udah makan :
tepung beras merah, tepung beras putih, kabocha, labu siam kecil, jagung, jeruk baby, jeruk medan, alpukat...semuanya dalam bentuk tunggal

Jumat, 25 Desember 2009

4th years

26 Desember 2005..waktu itu tepat setahun pasca sunami..di Masjid An-Nur engkau mengucap ijab kabul atas ku..diulang 3x 

dari rumah kontrakan nan jauh di ujung dunia permai, sampai rumah kontrakan sempit nan bau karna dekat tempat pemotongan hewan..alhamdulillah sekarang dah di rumah sendiri. dari belum bekerja, ganti2 pekerjaan sampai sekarang dah jadi PNS. .apapun dan bagaimanapun kau, aku akan tetap bersamamu karna niat kita adalah menikah untuk menyempurnkan separuh agama, menikah untuk jannah Nya bukan untuk berbagai alasan dunia...insyaallah..amien..

happy 4th years wedd annyversary ya maz..makasih dah mau diajak nonton sang pemimpi kemaren..

Nawra - 2 tahun


Alhamdulillah our princess Nawra or mba naw udh 2 tahun usianya 18 desember 2009. tdk ada pesta ato perayaan meriah hanya doa ayah dan bunda mengiringi bertambahnya usia mu nak. semoga engkau senantiasa diberikan umur panjang yg barokah oleh Allah SWT, sehat dan bahagia jasmani dan rohani, sholihat, dan berguna bagi ummat.Amien.
mengingat 2 tahun yg lalu saat pertama kali kau hadir untuk kami..its still the best moment ever love...

foto :
atas :nawra dengan t shirt merah dan jumping animal sebagai kado ultah dr aybun.
tengah : potong kue sm bunda
bawah : nawra dan kue ultah nya

Senin, 14 Desember 2009

Allah..Azim..

Sabtu kemarin sy dibikin kaget oleh celetukan mba nawra…

Ceritanya siang itu nawra pengen ngemil, dengan antusias dia membuka tutup Tupperware (yg tdk ditutup dg rapat) diatas meja isinya bolkus bantet made in bunda nya. Diambil satu tuh bolkus trus dia ngomong gini “emmut…Alloh…azimm” di ulang2 perkataan itu sambil ditiup2 bolkus nya..karna dia terus-menerus mengulang perkataan itu sy tertarik menyimak ngomong apa sih anak gw..dannn…ternyata nawra tuh bilang “semut..Ya,Allah..Astaghfirullahaladzim”..kakakaka…suer ngakak sy antara salut-bangga-geli..

Besokannya..

Ayahnya baru pulang kantor..mba nawra ngintilin ayahnya minta digendong sedangkan ayahnya gak menghiraukan karna kebiasaan beliau habis dr luar rumah pasti langsung masuk kamar mandi cuci tangan, kaki dan muka.

Nawra : Ayah..endong..

Ayah : Diam aja masuk kamar mandi (nawra nunggu depan kamar mandi)

Nawra : Ayah…endong..

Ayah : Diam saja..keluar dari kamar mandi ke belakang ngambil handuk (nawra ngintilin)

Nawra : Ayah…azimmmmm

Ayah : langsung ngakak….iyaa maappp mba..ayah handukan dulu tadi ..langsung gendong nawra..kakaka

 
Anak-anak ya benar2 memori nya sangat tajam..blm ada dosa sih..kata Ya, Allah dan istighfar mm berseliweran tiap hari dirumah. Nawra merekam ucapan istighfar sebagai ucapan saat kita jengkel,marah atau tidak suka akan sesuatu..sy selalu bersitighfar saat nawra terlalu aktif bin pinter yg bikin kepala jadi panas..kalo sy istighfar (biasanya dengan suara keras) nawra langsung melihat sy..kemudian mendekati sy..mengajak sy ngobrol ..mungkin dipikirnya sy marah sm dia..duhhh…anak-anak ya..

Kamis, 03 Desember 2009

eh..ada mba nawra nih di kantor bunda lg nunggu kakung nyampek..lg sibuk ngetik dia..smg mesin ketik listriknya gak rusak aja dipencet2 sekencang itu

Mbah Haji

Insyaallah ntar siang pukul 14:00 mbah kakung nya nawra (bapak sy) tiba dari tanah suci..Alhamdulillah beliau berkesempatan untuk memenuhi panggilan Allah untuk berhaji.

Bapak berangkat sendiri sj, mama bknnya tidak mau pergi haji. Mama jg mau tp karna bapak maunya ikut haji plus mama jd nya gak mau ikut dg alasan bapak bentar lg pensiun dan adik bungsu sy yg saat ini msh duduk di kelas 2 SMP msh butuh banyak biaya jd lebih baik uang yg seharusnya untuk biaya haji mama ditabung buat

nambahin biaya kuliah adik sy nanti.

Waktu bapak berangkat, mama nangis terus smp sempat sakit..sy sedih..sy berpikir begitulah ya seorang ibu dan seorang istri dari awal pernikahan smp mungkin ajal menjemput selalu mengalah, merelakan keinginannya demi kebahagiaan keluarga yaitu suami dan anak-anaknya. Mama ku org yg sudah banyak makan susahnya hidup sejak beliau dilahirkan.

Waktu bapak menelpon dari terminal keberangkatan sambil menahan tangis bapak bilang “doakan nanti ada rejeki supaya kita bisa pergi umroh berdua” diujung telpon sy dengar mama menangis..

Anyway…

Alhamdulillah..bapak sudah menyempurnakan ibadah hajinya dan skrg sdh dipesawat dlm perjalanan pulang ke tanah air..smoga bapak menjadi Haji yang Mabrur. Sy ingat perkataan uztad Yusuf Mansyur saat ditanya apa tandanya haji seseorang itu mabrur “apabila tercermin dari perbuatannya setelah kembali dari berhaji, ibadah semakin rajin baik wajib maupun sunnah, sifat semakin baik, secara keseluruhan kwalitasnya sebagai manusia semakin baik”…InsyaAllah..

Bolu Kukus Ketan Hitam

Rating:★★★★
Category:Other

Sudah 3x sy bikin bolkus jenis ini..alhamdulillah belum pernah gagal..jadi bagi yg pengen bikin kue enak dan dijamin gak gagal..boleh coba resep ini. Dijamin semua org suka dari anak2 smp orang tua..nawra gak sabar nunggu kue ini mateng, begitu dikeluarin dr dandang dia paling dl ngambil piring…duduk manis didepan piring sambil gak sabaran kita niupin tuh bolu yg masih panas..untuk disuapin ke mulutnya. Bikin kue ini satu resep duhh gak nyampek malem dah habis secara semua suka…

Bahan :
350 gr tepung ketan hitam
100 gr margarine lelehkan
300 gr gula pasir
200 ml susu uht plain
½ sdt ovalet / tbm / starkish (sy udh nyoba pake ovalet sm starkish, klo pake ovalet lebih ngembang tp kurang empuk, klo pake starkish kurang ngembang tp empuk bgt..smua enak kok)
Telur 5 btr

Cara membuat :
1. Kocok telur, gula, ovalet/starkish smp putih dan mengembang kira-kira 7 menitan dg kecepatan 3 pd mixer.
2. Turunkan kecepatan mixer ke 1 terus masukkan margarine cair, tepung ketan hitam dan susu cair sambil diaduk rata sebentar sj takut kuenya ambles or bantet.
3. Matikan mixer ratakan adonan dengan sendok kayu ato spatula
4. Panaskan dandang
5. Masukkan adonan dlm cetakan, boleh pake cetakan pudding ato pake cetakan kue sakura yg kecil2 itu (buat nawra sy special pake cetakan kue sakura yg disebutnya dg bintang, buat yg lain pake cetakan gede biar gak ribet)
6. Kukus adonan : klo pake cetakan kecil 10 menit jg udh matang kalo pake cetakan gede 20 menitan supaya bagian tengahnya mateng benar.
7. Angkat, dinginkan siap disajikan..klo dibiarkan bermalam besokannya makin enak deh rasanya.

Selamat mencoba ya…

Mbah Haji

Insyaallah ntar siang pukul 14:00 mbah kakung nya nawra (bapak sy) tiba dari tanah suci..Alhamdulillah beliau berkesempatan untuk memenuhi panggilan Allah untuk berhaji.

Bapak berangkat sendiri sj, mama bknnya tidak mau pergi haji. Mama jg mau tp karna bapak maunya ikut haji plus mama jd nya gak mau ikut dg alasan bapak bentar lg pensiun dan adik bungsu sy yg saat ini msh duduk di kelas 2 SMP msh butuh banyak biaya jd lebih baik uang yg seharusnya untuk biaya haji mama ditabung buat

nambahin biaya kuliah adik sy nanti.

Waktu bapak berangkat, mama nangis terus smp sempat sakit..sy sedih..sy berpikir begitulah ya seorang ibu dan seorang istri dari awal pernikahan smp mungkin ajal menjemput selalu mengalah, merelakan keinginannya demi kebahagiaan keluarga yaitu suami dan anak-anaknya. Mama ku org yg sudah banyak makan susahnya hidup sejak beliau dilahirkan.

Waktu bapak menelpon dari terminal keberangkatan sambil menahan tangis bapak bilang “doakan nanti ada rejeki supaya kita bisa pergi umroh berdua” diujung telpon sy dengar mama menangis..

Anyway…

Alhamdulillah..bapak sudah menyempurnakan ibadah hajinya dan skrg sdh dipesawat dlm perjalanan pulang ke tanah air..smoga bapak menjadi Haji yang Mabrur. Sy ingat perkataan uztad Yusuf Mansyur saat ditanya apa tandanya haji seseorang itu mabrur “apabila tercermin dari perbuatannya setelah kembali dari berhaji, ibadah semakin rajin baik wajib maupun sunnah, sifat semakin baik, secara keseluruhan kwalitasnya sebagai manusia semakin baik”…InsyaAllah..

Bolu Kukus Ketan Hitam

Rating:★★★★
Category:Other

Sudah 3x sy bikin bolkus jenis ini..alhamdulillah belum pernah gagal..jadi bagi yg pengen bikin kue enak dan dijamin gak gagal..boleh coba resep ini. Dijamin semua org suka dari anak2 smp orang tua..nawra gak sabar nunggu kue ini mateng, begitu dikeluarin dr dandang dia paling dl ngambil piring…duduk manis didepan piring sambil gak sabaran kita niupin tuh bolu yg masih panas..untuk disuapin ke mulutnya. Bikin kue ini satu resep duhh gak nyampek malem dah habis secara semua suka…

Bahan :
350 gr tepung ketan hitam
100 gr margarine lelehkan
300 gr gula pasir
200 ml susu uht plain
½ sdt ovalet / tbm / starkish (sy udh nyoba pake ovalet sm starkish, klo pake ovalet lebih ngembang tp kurang empuk, klo pake starkish kurang ngembang tp empuk bgt..smua enak kok)
Telur 5 btr

Cara membuat :
1. Kocok telur, gula, ovalet/starkish smp putih dan mengembang kira-kira 7 menitan dg kecepatan 3 pd mixer.
2. Turunkan kecepatan mixer ke 1 terus masukkan margarine cair, tepung ketan hitam dan susu cair sambil diaduk rata sebentar sj takut kuenya ambles or bantet.
3. Matikan mixer ratakan adonan dengan sendok kayu ato spatula
4. Panaskan dandang
5. Masukkan adonan dlm cetakan, boleh pake cetakan pudding ato pake cetakan kue sakura yg kecil2 itu (buat nawra sy special pake cetakan kue sakura yg disebutnya dg bintang, buat yg lain pake cetakan gede biar gak ribet)
6. Kukus adonan : klo pake cetakan kecil 10 menit jg udh matang kalo pake cetakan gede 20 menitan supaya bagian tengahnya mateng benar.
7. Angkat, dinginkan siap disajikan..klo dibiarkan bermalam besokannya makin enak deh rasanya.

Selamat mencoba ya…

Selasa, 01 Desember 2009

Al : Lulus ASIX

Alhamdulillah..

Hari ini 02 Desember 2009 My Althaf lulus ASIX ..proses ASIX nya Al mm tdklah seberat melewati ASIX nya naw karna sy sudah jauh lebih siap dan jauh lebih percaya diri. Tadi pagi saat sy lihat stok ASIP di freezer msh ada 30 botol. Insyaallah sy berniat msh ASI saja smp satu tahun..terus menyusui smp 2 tahun..insyaallah..

MPASI pertama al rencana nya baru akan sy berikan hari sabtu 5 desember 09 nanti. Disamping nunggu sy libur jg biar al benar2 pulih dulu fisiknya.

Al skrg ceriwis bgt, banyak bubling..ngoceh2 bahasa planet yg paling sering tuh “appah..appah..papah..appah” gituuu molo’..kata uti mungkin nih anak bakal ngomong nya dulu secara 6 bulan blm bs ngapa2in cm bs tengkurep sendiri. Klo digendong sih dia suka gentawilan kakinya (halah bahasa sy..) trus klo dipangku suka main kuda2an gayanya…yg jelas nih anak kuat bgt klo gak hati2 pas dia gerak bs terlepas dr tangan saking kuatnya  tenaganya

ada yg kelupaan nih...

special thanks to :

Althaf yg udh mau mimik ASIP walo pake sendok, yg sabar menunggu bunda pulang kerja supaya bisa nenen. Uti yg udh mau capek nyendokin ASIP buat Al belum tentu saya bisa dan sabar melakukannya. Mba Nawra yang dengan sabar menunggu bunda selesai menyusui dd supaya bs menemani bermain, walau kadang disertai dg tangisan dan rengekan bunda sangat bangga memilikimu nak. Ayah, thanks sdh menjadi inspektor yg memeriksa ASIP dan mengingatkan untuk merah ASI dihari libur dan yang mau direpotin dengan merebus botol ASIP setiap pagi nya...we are a great team...

Al : Demam

Pulang kantor hari senin sore sy mendapati Al panas, sy ukur 39 derajat , Al lemes kata uti maunya gendongan aja. Sy liat di gendongan dia jg lemesss bgt. Habis magrib sy ke apotik beli parasetamol. Nyari sanmol gak ada yg ada tempra ya udh apa boleh buat pdhl tempra nih klo menurut sy parasetamol paling mahal  pdhl kandungannya sm aja sm parasetamol lain. Sampai rumah sy minumin tempranya 30 menit kemudian sy mimikin sambil tiduran eh..muntah banyak bgt. Habis muntah kyknya agak enakan badannya Al main sebentar gak lama rewel sy nenenin trus dia bobo. Selasa pagi sy ukur suhunya 38.9 derajat wahh..msh mayan tinggi sy putuskan tdk berangkat kantor supaya bs menyusui langsung dan sering.

Uti minta diminimuin tempra lg tp sy menolak, sy bilang qt panggil tukang urut bayi sj. Gak lama tukang urut bayinya datang pas al ditelanjangin ketahuan klo panasnya cuman sebagian ,pinggang keatas sj. Wah klo begini biasanya ada keseleo nih dm hati sy. Benar sj badan Al sebelah kanan sakit mulai dr leher, tangan, tulang punggung bagian kanan tiap kali bagian itu dipegang dia nangis2 kejer kalo sebelah kiri dia diam aja. Habis diurut diseka air anget biar gak lengket badannya.

Sy tidur ngelonin Al karna Al maunya nempel nenen terus Alhamdulillah al bs tidur 2 jam tanpa digendong. Alhamd. Mb nawra jd kakak yg pengertian skali hari itu. Dia ngerti adiknya sakit dan sy harus lebih banyak sm adiknya dia gak rewel dan cari perhatian. Waktu al diurut dan nangis mba nawra duduk diam nemenin Al sambil melototin tukang urutnya trus waktu sy bilang al sakit nawra lari2 ke belakang ngambil tempra dr dalam kulkas sambil bilang obat..obat. kalo adiknya nangis nawra langsung bilang “dd haus..minum susu “ sambil narik2 baju sy.

Menjelang sore suhu al  turun jadi 37.8 sy mandiin pake air anget..semalam tidur gak rewel jg hny bolak balik nenen. Td pagi bangun  suhunya sdh normal Alhamdulillah...smoga al sehat2 terus ya nak..it breaks my heart to see u sick dear.