Rabu, 03 Februari 2010

nawra : melempar barang

Gadis kecil ku nawra sekarang suka melempar barang. Mainannya atau barang apa sj yg ada ditangannya. Awalnya sy kaget dan marah kemudian sy berusaha mencari penyebabnya. Sy lihat kapan nawra melempar barang.

1.       Pada saat marah karna keinginannya tidak diruruti

2.       Pada saat tidak bs melakukan sesuatu

3.       Pada saat tidak berkenan atas suatu kondisi

4.       Cari perhatian

Kalau yg pertama sy sedikit tegas, karna biasanya sy melarang sesuatu yg membahayakan. Misalnya mainan sabun tidak pd saat mandi. Nawra suka banget mainan sabun mandi batangan, dicium2 trus lama-lama dimakan dikit2 gt. Sy takut jd kebiasaan makan sabun dan juga takut kena mata. Nawra jg suka  mainin lotion nya..digosokin ke seluruh badannya, pernah dia nangis2 karna tuh lotion masuk matanya, sejak itu klo dia minta lotion sy gak kasi lg.

Yang ke dua kalo kayak gitu biasanya sy ambil barang yg dilempar trus saya tunjukkin caranya “mau dibuka ya..gini caranya mba”, “ mau diputer ya..gini loh sayang”

Yang ke tiga..biasanya kalau mainannya dipinjem adiknya..nawra gak mau dan gak boleh (kadang2 jg boleh..suka2 moodnya aja)..diambil tuh mainan langsung di lempar..klo dah kayak gini biasanya sy ambil mainannya dan sy bilang “dedek pinjem mba..pinnnn…jemmm..boleh ya” seringnya klo lg gak mood ya tetep gak boleh. Klo gak sy kasi kompensasi lain “mbak main yg ini ya..dedek yang itu..sama-sama mainnya” kadang berhasil, kadang dia tetap gak rela mainannya di mainin sm Al.

Yang ke empat nih paling sering, kadang sy lupa kalo diri sy sebenarnya hak anak-anak sy. Anak-anak butuh bundanya dan gak tau apakah bundanya capek, lg bad mood, lg banyak pikiran lg PMS..they don’t care..they just need they mommy..bukan hanya secara fisik ada didekat mereka tp jg secara emosional. Kadang pulang kantor, habis mandi sy pengen duduk2 manis bentar didepan tivi sambil minum teh anget ato ngemil sambil meningkahi celotehan nawra tp hanya sekedar menanggapi tingkahnya tanpa benar2 memperhatikannya ternyata tidak cukup bagi nawra..tiba-tiba brak..nawra membanting keranjang mainannya berhamburan smua mainannya trus apa yg nawra lakukan ? dia menatap lurus ke mata sy menunggu reaksi saya…kdg pengen marah…tp klo lihat matanya..jd luluh ..langsung sy pangku, sy gendong, sy cium sambil sy bilang “ kalau ingin apa2 bilang ya..mainannya nanti rusak kalo dilempar2”. Sy matiin tivi trus nemenin nawra main. Kdg jg..lg main berempat di kamar awalnya si maz sm Al sy sm nawra..tiba-tiba sy jg becandain Al lupa bentar sm nawra..nawra keluar kamar ambil mainan dibawa ke kamar dan dibanting ke lantai kamar..sy sm mas langsung liat2an..oiyaaa…gak boleh berdua semua ke Al..sy langsung becandain nawra lg..

http://www.babycenter.com/0_throwing_1200989.bc




I’m not a perfect mom but I try to make everything perfect for them everyday…