Selasa, 27 April 2010

main kasar

Dari mana ya rasa tidak senang, tidak suka dan benci yang dimiliki anak-anak balita or batita. Sy sampai sekarang msh suka bingung sendiri saat anak balita or batita menunjukkan rasa tidak senang dan benci terhadap anak lain (kalo tdk suka sama sesuatu mah wajar kali ya namanya jg anak-anak). Tp kalo tidak menyukai “orang” lebih khususnya teman sepermainan atau teman seumuran kok bisa ya. Apa itu hal yang lumrah dan merupakan fase alami yang dialami anak-anak ???

Kalo misalnya pas lagi main rebutan mainan trs mereka jd berantem bahkan kadang ada aksi pukul memukul sy pribadi menganggap itu masih wajar habis itu biasanya mereka main lg. namanya anak-anak ya semenit akur 5 menit tukaran alias berantem….normal.

Yg sy heran ada anak yg tidak suka sm anak lain dan seterusnya tidak suka. Atau ada anak yg disapa baik2, diajak main baik2 eh malah mengacungkan kepalan tangannya sambil menggigit bibir tanda tidak mau diganggu. Ada yg bahkan langsung memukul dan terus ingin memukul. Okey…mereka mencontoh hal tsb dr lingkungan atau bahkan dr ortunya yg smakin bikin sy jengkel pd saat hal itu terjadi orang tuanya diam saja. Seakan mengizinkan anaknya menunjukkan ketidak sukaan or kebencian pd anak lain, seakan menunjukkan kpd anaknya “iya nak begitu caranya bergaul sm anak lain”. Suer..sy dongkol bgt bukan hanya karna melihat anak sy yg berusaha manis dan mengajak main pdhl dia tdk kenal sm anak itu tp juga dongkol karna melihat orang tua yg tidak memberikan contoh yang baik untuk berteman sm siapa saja tanpa pilih2.

Pernah suatu saat sy mengajak nawra ke play ground di sebuah mall. Ada anak 3 tahun yg terus menerus menguasai sebuah gerobak, klo dia ingin main yg lain orang tuanya akan memegangi gerobak tsb supaya tdk dimainkan oleh anak lain. Saat dia main perosotan tdk peduli ada anak lain yg sedang main disitu seenaknya sj dia mendorong anak lain supaya dia bs main perosotan. Atau merebut mainan yg sedang dipegang anak lain yg menyebabkan anak yg direbut mainannya menangis. Dan tebak…orang tuanya diam saja pura2 tidak tau atas kejadian tersebut dan si anak makin menjadi2 seakan2 dialah pemilik play ground tersebut. Sedangkan tujuan sy membawa nawra ke play ground adalah mengajarkan padanya cara bersosialisasi, berbagi dan main sama-sama. Saat nawra berusaha merebut  mainan yg td sempat dimainkannya kemudian sekarang dimainkan anak lain, sy akan memegang tangannya kemudian bilang “kakak main sama-sama donk, kakak main yg lain aja masih banyak tuh” awalnya nawra gak terima dan mewek-mewek tp sy bilang lg “ini tempat main umum jadi mainan itu bukan punya kakak kalau bukan punya kakak berarti mainnya harus sama-sama” dan akhirnya nona cantik sy itu berlalu dan mencemplungkan dirinya ke kolam bola, mewek pun hilang.

Atau ada seorang anak perempuan umur 3 tahun di komplek yg entah kenapa tdk pernah mau main sm nawra. Sementara kakak laki-lakinya yg berumur 4.5 tahun ngemong sekali sm nawra. Tp nawra yg mm tdk mengerti apa itu tidak suka selalu sj menyapa dan mengajak anak itu main. Seperti kejadian kemarin sore nawra didepan rumah sambil gendong boneka bayinya. Anak tersebut lewat dg kakak dan si mbaknya.

Nawra   : haloooo

Azmi      : halooo nawra, main yuk

Asma     : (buang muka jalan sambil miring2 gak mau lihat nawra)

Nawra   : petik bunga ya (ngajak ngomong Asma yg bawa2 bunga)

Asma     : menggigit bibir kearah nawra, pasang muka galak

Nawra   : tidak mengerti terus saja mengoceh “dd aku mau nenen”

Azmi      : dadahhh nawra Azmi main dulu yaa

Nawra   : dadahhh…muahhh (kisbye)

Sy bukan orang tua yg over protective kok, dan bukan orang tua yg mendewakan anak sehingga merasa anak sy selalu benar , atau merasa cara didik sy yg paling benar (ngakak deh…).setiap kali melihat kejadian “anak sy dikasarin anak lain” apalagi klo gak ada orang tua yg menemani anak tsb  sy memilih tdk mencampuri urusan anak-anak. Berantem ya berantem, rebutan ya rebutan biar sj slama tdk saling melukai tp mm sy cenderung menjauhkan nawra dr anak yg “ringan tangan” alias dikit2 mukul maksudnya biar nawra gak mencontoh. Klo lg pd main di rumah rusak semua mainan si kakak ya biarin saja namanya jg anak-anak…..Yg bikin sy dongkol ya saat anak berbuat yg meresahkan anak lain ortunya diam saja, cuek bebek like nothing happen

Bagaimana pendapat para smart mommies di MP ?????


foto-fotonya mm sedikit gak nyambung, hanya ingin mendeskripksikan bahwa anak-anak itu biasanya tidak menyimpan benci. lihat saja awalnya rebutan susu, trus main bareng diselingi dengan tangisan atau jeritan bergantian karna salah satu ada yg merasa tidak terima atau tidak puas pada akhirnya mereka terlelap berpelukan.

Minggu, 11 April 2010

Selamat Jalan Bilqis

Ketinggalan berita karna tidak pernah nonton TV, sy baru tau tadi pagi klo bilqis sudah bersama Sang Maha Penyayang Allah SWT.

Sy menitikkan air mata. Tp sy percaya inilah JALAN ALLAH yang terbaik untuk bilqis. Allah angkat semua penderitaan dan rasa sakit bilqis dan memasukkan bilqis ke dalam JANNAH yg penuh dengan segala bentuk kenikmatan dan kesenangan.

Selamat Jalan Bilqis, bermain lah yang senang di SYURGA ditemani bidadari cantik nan lemah lembut...smoga orang tua mu diberi ketabahan dan kesabaran…

 

begitu semakin banyak dan anehnya penyakit jaman sekarang. Membuat sy SANGAT bersyukur bahwa anak-anak sy sehat.

Senin, 05 April 2010

sikat gigi pakai odol

sejak memasuki usia 27 bulan naw mulai menyukai makanan yg manis bahkan kadang terlalu manis bagi sy. kami tdk pernah membelikan dg sengaja.tp kdg pas naw ikut belanja dia sendiri yg milih. klo manis sy msh toleransi yg penting rajin sikat gigi. klo yg banyak MSG baru sy ketat bgt. termasuk susu sekarang naw lebih suka susu sehat vanilla. awalnya karna stok susu plain habis di minimarket deket rumah jg gak ada jd terpaksa beli karna naw pengennn bgt mimik susu.
karna makin sering makan yg manis2 berarti dia harus mulai sikat gigi pakai odol (kurang yakin sm "tanpa odol"). dl awal sikat gigi sy coba merk zw*****dan cu**** tp naw emoh karna klo kata sy terlalu pedes. kemarin sy coba merk en*** dan ajaib naw suka dan mau sikat gigi pake odol.
cuman kumurnya aja yg blm terlalu jago.

okey naw rajin sikat gigi ya supaya giginya gak bolong2 kayak bunda.

merangkak atau merayap

ternyata al sudah bs merangkak. ini benar2 luput dari pengamatan sy karna asumsi sy merangkak ya pakai lutut. ternyata al ini merangkaknya pakai perut tepatnya merayap kali yaa. dan dia sdh bisa turun sendiri dr kasur. pinter lg turunnya kaki dulu trus pelan2 nurunin badannya sampai posisi duduk or tengkurep.
selamat ya nak walau blm bs duduk sendiri tp kmu dah bs merayap



catatan di 10 bulan nya Al

dedek baru

ini dedek baru nya si kakak naw yang tiap hari di kelonin, digendong, di mimikin susu..sayang nya si dedek gak ASIX.  yaa bagaimana lagi wong emaknya blm punya ASI ayo tebak naw ngomong apa tuhhh...