Jumat, 22 Oktober 2010

si Embem

dari nawra kecil dah beberapa kali denger pernyataan kayak gini "anaknya sehat ya, ibunya pinter ngurus anak"
terakhir tadi ada teman kerja yg bilang (bapak2) "anaknya sehat ya, anak pertama lagi..biasanya kan anak pertama tuh susah makan, susah dirawatnya, suka sakit makanya kurus" saya jawab alhamdulillah pak..anak sy yg nomor dua lebih gede lg..lalu si bapak bilang "berarti ibunya pinter ngurus anak"...sy langsung pegangan karna badan tiba2 rasanya ringan..wkwkwk...ngakak guling2... (kebetulan hari ini sy ajak naw ke kantor karna bos sy lg ga ada dan karna kerjaan sy lg senggang)

dulu..waktu msh kuliah ada tuh "somebody" yg naksir sy pdhl dia nih dah punya pacar serius di kampung nya dia bilang gini "kalo punya istri kamu pastinya anak-anak terurus dg baik" sy msh suka mikir kenapa dia bilang gt sampai sekarang...ok bukan ini yg mau sy bahas.

yg mau sy bahas adalah sy bersyukur melek internet, sy bersyukur menjadi org yg banyak penasaran dan banyak ingin tau karena semua itulah yg membawa sy ke milis AFB, milis sehat, milis mpasirumahan dan yg pastinya kenal sama emak2 di MP yang pinter2, rajin2, sregep2, kreatif2...yang memahami bahwa anak adalah titipan yg kita harus jaga baik2, yg harus kita berikan semua yang terbaik untuknya  jasmani maupun rohani.

nawra mungkin tidak seperti aya si brontosaurus yang gemar makan sayur dan buah, tidak seperti nayla atau MJ yg sampai sekarang msh full home made makannya..tp sy cukup berbangga bahwa nawra hampir tidak pernah GTM, klo sedang sakitpun dia hanya berkurang sj porsi makannya tp tdk GTM, nawra tidak tertarik sm mamang2 jajan yg lewat depan rumah, pdhl teman2nya pd jajan, saat melihat temannya makan sesuatu misalnya biskuit (kayak kemarin) dia akan bilang sm sy setengah berbisik "kaka mau sukuit juga bunda" lalu sy jawab sambil berbisik juga "ayo kita ambil di rumah" nawra mengangguk takzim..tidak ada tangisan rewel ingin makanan temannya...

Nawra sangat suka air putih, nawra suka buah jeruk, pisang dan pepaya sj yg rutin, sesekali dia minta di potongkan apel ato pear punya adiknya, nawra hanya suka wortel dan bayam itpun tdk mau setiap hari...tp heyyy...bukan salah nawra tp salah sy ibunya yg tdk telaten waktu dia kecil. buktinya Althaf adalah si pemakan segala..sayur apapun, buah apapun ayo aja.

Sakit nawra selama 3 tahun ini hanyalah batpil, smuanya dia jalani dg tabah tanpa obat. walau sdh lepas nenen sy tidak pernah melihatnya terlalu rewel karena sakit. ketika sakit dia hanya butuh lebih banyak perhatian dr sy, dekat dg sy...itu sj. ..alhamdulillah batuk yg sudah dua bulan itu akhirnya mereda, nafasnya msh sedikit bunyi saat dia tidur tp kami memutuskan banyak menjemur nawra sj di pagi hari karna kamar nawra kan gak kena sinar matahari langsung.

Nawra ku yg sensitif, dia tau saat hati kita tdk sepenuhnya sama dia..ini akan membuatnya semakin rewel, semakin cari perhatian..

Nawra ku yg selalu nagih dibikinkan kue bintang (bolkus ketan hitam yg sy cetak bentuk bunga sakura)....i'm so proud of you dear...

inti postingan ini...bunda nawra lg narsis...muja muji anak sendiri..gpp ya sekali-kali...harap maklum..pls blame the hormone...ups...gw gak lg hamil lohhh...haha..

tks for reading friends...mmuahhhh...ke emak2 MP....mulut bau rendang...

Minggu, 17 Oktober 2010

Nawra ku - part 2

yang kedua yg ingin sy ceritakan adalah dominasi nawra terhadap saya. siapapun dan apapun bisa di cemburui nya. jangan kan Al adiknya yg mm penyebab cemburu terbesarnya, ayah nya jg di cemburui sekarang. sy sm sekali gak boleh megang Al klo Al dekat2 sy langsung di dorong sm naw. klo Al lg nenen Naw langsung nangis2, sy bilang sebentar dd haus..kasihan blm nenen drtd kaka sini bobo samping dd..kaka sabar ya..dia tetap nangis akhirnya sy cuekin aja lama2 naw diem tp tangannya nyubit2 betis dan pa
ha AL..sighhh

sy lg masak di dapur...naw lg nonton dora sm uti dan Al, gak lama naw minta susu..diambilin lah sama uti nya dia langsung nangis kejer..."sama bunda..sama bunda aja" akhirnya ambil susu baru ditusukin lg sedotannya sm sy saya kasihin ke dia br deh dia mau minum. atau cuman buka tutup toples aja ya..dia nyari sy kemana2 sambil nangis "cari bunda...cari bunda...bukain bunda"
semalem nih ayahnya kan meriang..sy pijetin..ngliat gt dia langsung nangis sambil bilang "sana ayah..kaka mau dipijet juga sm bunda" sambil tangannya dorong2 badan ayahnya. habis itu dia langsung tiduran di lantai nunggu dipijet.
atau kalau dia minta dikelonin kami bertiga masuk kamar (saya, naw sm Al) gak lama ayahnya ikutan masuk belum jg pintu di tutup naw bilang gini "keluar ayah..sana..sana...kaka mau bobo dulu sama bunda" wkwkwkw...lucu sih...tp kadang2 sy sedih dan stres karna nawra banyak menangis klo sy ada dirumah soalnya dia maunya apa2 sama sy..sementara sy kan banyak jg yg harus dikerjain masak, Althaf, bebenah, ngaji, dll...bahkan ke kamar mandipun dia sy ajak klo gak nangis...naw...naw

Nawra ku - part 1

udh lama gak cerita soal nawra ada beberapa hal yg harus dicatat :

fisrt : naw udah 2 bulanan ini batuk gak sembuh2...sy biarkan saja karna mm dr dulu naw gak pernah minum obat klo hanya batpil. pas lg parah2nya dulu sy uapin sendiri tiap dia tidur. skrg batuk sesekali saja seringnya menjelang tidur malam ato pas mau tidur siang klo AC nya dah dingin bgt. klo batuk itu terus aja batuk sampai keluar air matanya ..kasian sy gak tega ngliatnya. klo tidur pun nafasnya bunyi kayak org bumpet gt deh. minggu lalu sy bawa ke dsa karna gak tega dia batuk2 terus setelah diperiksa ketahuan klo di paru kanannya naw itu ada lendir kata dsa nya mungkin lendir ini gak tuntas keluarnya pas dia batpil makanya dia batuk terus. ini klo dibiarin bs paru2 basah kata dsa nya (benarkah ?). diresepin pengencer dahak trus di suruh inhalasi 3x. sy nurut aja karna bayangan sy inhalasih itu cuma diupain pake nacl, sy jg gak baca pengantar dr dsa nya. udh nyampek klinik baru sy inget dan baca pengantarnya ternyata di resepin bisolvon + nacl. sy buru2 sms rara nanya soal bisolvon itu (dalem hati dah gak yakin) sebelumnya sy sms rita jg yg nyuruh sy bawa naw ke markas sehat aja. sy trus coba nego sm terapisnya supaya diuapnya pake nacl aja ga ush pake bisolvon. terapisnya gak ngasi alasannya nacl itu hanya pembuka jalan aja yg berfungsi ngeluarin lendir ya si bisolvon. sy telpon aja dsa nya (nekat) sy bilang sy mau coba pake nacl dl klo gak ada perubahan br sy ambil langkah lain. untungnya dsa nya ngalah (kalah galak sm gw). tp terapis nya itu kurang ramah, memperlakukan naw seperti pasien dewasa, gak ada senyum, gak ada ngobrol, ditambah ruangan yg monoton gak ada buku, gak ada mainan yg kira2 bs bikin anak 3 tahun betah. bayangian aja anak 3 tahun nan pecicilan hanya disuruh duduk diam selama 15 menit sambil pake masker memandang tembok bercat hijau pupus...mana mau dia...baru 5 menit naw dah bilang "kaka udh selesai bunda" sambil berusaha menarik tali maskernya..sy bujuk..sy bujuk terus akhirnya kurang satu menit dia nangis dan melepas maskernya dg paksa.
habis itu terapisnya datang main paksa lg  mau pangku nawra ditengkurepin ditepuk2 belakangnya biar lendirnya keluar...mana mau lah anak gw...sy bujuk lg...sy bujuk lg dia mau dg terpaksa sambil mewek2 merajuk..itupun hanya 2 menitan...
pas di rumah sy ajak ngobrol sy bilang " smua itu dilakuin supaya batuknya sembuh dan dia bs tidur nyenyak tanpa terganggu batuk lg" naw bilang "kaka sudah selesai bunda" dan sy tdk lg berhasil membujuknya melakukan sisa inhalasi yg masih 2x itu.
batuknya masih,  malah makin parah klo kata sy terutama menjelang tidur malam...apa ya sebaiknya yg saya lakukan..mikir mau cari dsa lain ato dibawa ke markas sehat aja ?tp klo ke markas sehat ngebayangin jauh nya disertai tempat yg kami gak tau alamatnya duhhh..
oiya nawra 32 bulan BB nya 15 kg, nafsu makan baik sekali, behaviour aktif gak menunjukkan dia sakit kecuali sesekali batuk yg  bikin dia nangis.

Nawra ku - part 2

yang kedua yg ingin sy ceritakan adalah dominasi nawra terhadap saya. siapapun dan apapun bisa di cemburui nya. jangan kan Al adiknya yg mm penyebab cemburu terbesarnya, ayah nya jg di cemburui sekarang. sy sm sekali gak boleh megang Al klo Al dekat2 sy langsung di dorong sm naw. klo Al lg nenen Naw langsung nangis2, sy bilang sebentar dd haus..kasihan blm nenen drtd kaka sini bobo samping dd..kaka sabar ya..dia tetap nangis akhirnya sy cuekin aja lama2 naw diem tp tangannya nyubit2 betis dan pa
ha AL..sighhh

sy lg masak di dapur...naw lg nonton dora sm uti dan Al, gak lama naw minta susu..diambilin lah sama uti nya dia langsung nangis kejer..."sama bunda..sama bunda aja" akhirnya ambil susu baru ditusukin lg sedotannya sm sy saya kasihin ke dia br deh dia mau minum. atau cuman buka tutup toples aja ya..dia nyari sy kemana2 sambil nangis "cari bunda...cari bunda...bukain bunda"
semalem nih ayahnya kan meriang..sy pijetin..ngliat gt dia langsung nangis sambil bilang "sana ayah..kaka mau dipijet juga sm bunda" sambil tangannya dorong2 badan ayahnya. habis itu dia langsung tiduran di lantai nunggu dipijet.
atau kalau dia minta dikelonin kami bertiga masuk kamar (saya, naw sm Al) gak lama ayahnya ikutan masuk belum jg pintu di tutup naw bilang gini "keluar ayah..sana..sana...kaka mau bobo dulu sama bunda" wkwkwkw...lucu sih...tp kadang2 sy sedih dan stres karna nawra banyak menangis klo sy ada dirumah soalnya dia maunya apa2 sama sy..sementara sy kan banyak jg yg harus dikerjain masak, Althaf, bebenah, ngaji, dll...bahkan ke kamar mandipun dia sy ajak klo gak nangis...naw...naw

Nawra ku - part 1

udh lama gak cerita soal nawra ada beberapa hal yg harus dicatat :

fisrt : naw udah 2 bulanan ini batuk gak sembuh2...sy biarkan saja karna mm dr dulu naw gak pernah minum obat klo hanya batpil. pas lg parah2nya dulu sy uapin sendiri tiap dia tidur. skrg batuk sesekali saja seringnya menjelang tidur malam ato pas mau tidur siang klo AC nya dah dingin bgt. klo batuk itu terus aja batuk sampai keluar air matanya ..kasian sy gak tega ngliatnya. klo tidur pun nafasnya bunyi kayak org bumpet gt deh. minggu lalu sy bawa ke dsa karna gak tega dia batuk2 terus setelah diperiksa ketahuan klo di paru kanannya naw itu ada lendir kata dsa nya mungkin lendir ini gak tuntas keluarnya pas dia batpil makanya dia batuk terus. ini klo dibiarin bs paru2 basah kata dsa nya (benarkah ?). diresepin pengencer dahak trus di suruh inhalasi 3x. sy nurut aja karna bayangan sy inhalasih itu cuma diupain pake nacl, sy jg gak baca pengantar dr dsa nya. udh nyampek klinik baru sy inget dan baca pengantarnya ternyata di resepin bisolvon + nacl. sy buru2 sms rara nanya soal bisolvon itu (dalem hati dah gak yakin) sebelumnya sy sms rita jg yg nyuruh sy bawa naw ke markas sehat aja. sy trus coba nego sm terapisnya supaya diuapnya pake nacl aja ga ush pake bisolvon. terapisnya gak ngasi alasannya nacl itu hanya pembuka jalan aja yg berfungsi ngeluarin lendir ya si bisolvon. sy telpon aja dsa nya (nekat) sy bilang sy mau coba pake nacl dl klo gak ada perubahan br sy ambil langkah lain. untungnya dsa nya ngalah (kalah galak sm gw). tp terapis nya itu kurang ramah, memperlakukan naw seperti pasien dewasa, gak ada senyum, gak ada ngobrol, ditambah ruangan yg monoton gak ada buku, gak ada mainan yg kira2 bs bikin anak 3 tahun betah. bayangian aja anak 3 tahun nan pecicilan hanya disuruh duduk diam selama 15 menit sambil pake masker memandang tembok bercat hijau pupus...mana mau dia...baru 5 menit naw dah bilang "kaka udh selesai bunda" sambil berusaha menarik tali maskernya..sy bujuk..sy bujuk terus akhirnya kurang satu menit dia nangis dan melepas maskernya dg paksa.
habis itu terapisnya datang main paksa lg  mau pangku nawra ditengkurepin ditepuk2 belakangnya biar lendirnya keluar...mana mau lah anak gw...sy bujuk lg...sy bujuk lg dia mau dg terpaksa sambil mewek2 merajuk..itupun hanya 2 menitan...
pas di rumah sy ajak ngobrol sy bilang " smua itu dilakuin supaya batuknya sembuh dan dia bs tidur nyenyak tanpa terganggu batuk lg" naw bilang "kaka sudah selesai bunda" dan sy tdk lg berhasil membujuknya melakukan sisa inhalasi yg masih 2x itu.
batuknya masih,  malah makin parah klo kata sy terutama menjelang tidur malam...apa ya sebaiknya yg saya lakukan..mikir mau cari dsa lain ato dibawa ke markas sehat aja ?tp klo ke markas sehat ngebayangin jauh nya disertai tempat yg kami gak tau alamatnya duhhh..
oiya nawra 32 bulan BB nya 15 kg, nafsu makan baik sekali, behaviour aktif gak menunjukkan dia sakit kecuali sesekali batuk yg  bikin dia nangis.

Selasa, 12 Oktober 2010

Soto Betawi


Description:
dalam seminggu selalu ada menu soto dirumah. entah soto betawi, soto kudus ato soto madura. kenapa ? karena mas inof dan nawra suka makanan berkuah. klo udah masak soto nawra makannya gede banget sampai cemilan gak kelirik sama sekali saking kenyangnya.
resep soto betawi ini, sederhana bgt tp uenakkk loh. udh lama ngambil resep ini di inet saking lamanya lupa punya siapa jd gak bs nyebutin source nya (maaf).


Ingredients:
Bahan:
Daging sapi 1/2 kg.
Tomat 2 bh
Telur rebus 3bh
Jeruk nipis 3 bh
Kentang 3 bh di kukus.
Bawang merah goreng.
Daun bawang 1 btg iris 1/2 cm
Santan dari 1/2 butir kelapa
Lengkuas 1 ruas
Sereh 1 btg
Daun Jeruk 3 lbr
Garam, gula secukupnya

Bumbu dihaluskan:
Bawang merah 5 bh
Bawang Putih 3 siung
Kemiri 5 bh
Kunyit 1cm
Jahe 1cm


Directions:
Cara memasak:
Rebus daging sapi dalam 2 lt air sampai empuk, lalu potong-potong daging 1x2x1/2cm atau sesuai selera.
Tumis bumbu halus sampai harum masukan potongan daging aduk tambahkan sereh, lengkuas, daun jeruk, garam dan gula.
Masukkan kedalam kaldu tambahkan santan aduk-aduk sesekali masak sampai daging empuk dan kuah lezat.

Cara penyajian:
Dalam mangkok saji isi kentang rebus iris, telur rebus iris, tomat iris berikan daging dan kuah soto taburi daun bawang, bawang merah goreng. Dan sajikan hangat dengan irisan jeruk nipis.

untuk sambel soto :
kalo aku nih ya..cabe rawit mentah 10 biji diulek sama garam dan bawang putih 5 ciung, dikasi perasan jeruk nipis dikit...uenakkk