Selasa, 22 Maret 2011

sepeda yang hilang

  sebenarnya males jg di jurnalin tp buat kenangan aja kalo dulu kami pernah punya sepeda2 ini. selasa pagi kemarin 2 buah sepeda polygon kami raib tak berbekas. hanya meninggalkan tapak kaki si pengambil di tembok rumah kami. herannya tuh pencuri ya pencuri... bs membuka gembok pagar dan mengeluarkan sepeda tanpa terdengar pdhl pager rumah sy itu mau sepelan apapun dibuka pasti berderit. gembok pagar jg bukan yg biasa tp dah yg kotak kuncinya. sepeda itu ditaro didepan kamar anak2 persis yg mana sy tidur disitu karna ngelonin anak-anak, dan sy ini gak perna lelap tidur. Al ato Naw gerak dikit aja sy kaget apalagi klo org gerakin sepeda dan buka pagar.

ya..mm udah sampai disitu kali aja ya jodoh sm para sepeda, banyak sekali hal-hal yg kayaknya gak masuk diakal kami, katanya klo org nyolong gt suka pake ilmu sirep yg bikin kita lelap tidur wallahu alam yg jelas mereka pasti dah ahli. malam itu sy yg tidur selepas isya karna ngelonin Al kebangun jam 23.00 malam. habis sholat isya sy terus bobo dikamar belakang sm mas inof. sekaitar jam 24.00 sy keluar kamar karna gak ngantuk sy nonton tivi dulu sampai jam 01.00. gak lama Al bersuara minta enen sy nenenin, kebangun lg jam 3 enenin Al lg. sy denger suara ketokan bambu pak satpam lewat depan rumah (pas ditanya dia bilang jam 03.00 itu sepeda msh ada) sy tidur lg jam 4.30 sy bangun baru aja nyalain lampu ruang tengah Al nangis sy enenin lg. jam 5 sy kedapur muter pakaian di mesin cuci, gak lama tika keluar dan histeris karna sepeda dah gak ada.

ya begitulah si sepeda hilang, yg 1 MTB nya si ayah yg berumur 2 tahun, 1 lagi sepeda mini yg baru berumur 5 bulan plus boncengan anak. si nawra kelihatan shock jg ngliat tempat sepeda kosong melompong dan kami ribut2 lapor satpam dan pak RT. sejak detik sepeda itu hilang sy ikhlas kok, cuman kasian aja sm sherly klo ke pasar or ke alfa dia mesti jalan kaki lg karna sepeda gak ada, kakak sm dd dah gak bs muter2 komplek pake sepeda. buat mas inof yg berhari-hari gak tidur ngerjain tugas dan persiapan UTS hal ini cukup bikin dia bengong  dan bilang "kok kayaknya serba mendadak dan bertubi2". bagi sy ini adalah teguran atas sedekah yg sy tahan2 keluarnya pdhl dah ada di dompet sy...ya..Allah Maha Besar...Allah msh sayang sm kami dg kasih sayang nya dia menyentil sy.

ini dia penampakan para sepeda yg hilang foto diambil di inet..persis seperti gambar


mudah-mudahan sepeda ini lebih bermanfaat ditangan si pengambil. mungkin anak-anaknya yg kelaparan butuh makan. mungkin istrinya butuh biaya melahirkan atau anak yg lebih besar butuh biaya sekolah...ya minimal harta kami mendatangkan manfaat bgt sesama..urusan dosa monggo sama Gusti Allah saja

Selasa, 15 Maret 2011

Otang - oven tangkring ku

beberapa teman klo di todong baking suka ngeles gak punya oven (ngacung siapa aja hehe) dan sy selalu bilang "beli aja murah kok punya ku gak nyampek 100rb" dan akan diterusin dg pertanyaan "kayak apa tuh oven gak nyampek cepek" dan sy jawab "kecillll" tp cukuplah ....sy bisa bikin macem2 dengan si mini murah meriah itu. sejauh ini si otang blm pernah ngecewain sy yg keterlaluan..iya.... klo gak rata ngembang nya dikit ya wajarlah, klo gak rata mateng nya dikit wajarlah...namanya jg oven murce hehehe...ini dia penampakan si otang lg di atas kompor


yang ini otang lg bain marie klappetaart

hasil klappetaart nya enakkk..ada yg mo pesen..haha..nah lo pede amat yak

spending time with children


nemenin al main di kebun komplek..dia nemu ulat bulu yg nemplok di daun

jujur...sy pengen banget liburan, lg suntuk banget sm kerjaan..jalan-jalan keluar kota sm anak-anak, ke secret zoo kayak mba suci atau bahkan ke SIN kayak winse hehe mupeng... atau mengulang perjalanan darat ke jawa seperti tahun kemarin sm anak-anak. tp sepertinya tahun ini kami gak ada budget buat liburan jauh...bahkan lebaran jg msh tanda tanya besar mudik ato tidak..klo di tanya ortu jawabnya "InsyaAllah, klo ada rejeki nya"
yaaa...si ayah lg gak kerja...lg cuti belajar 2 tahun karna dapet beasiswa S2 di UI depok..jd lg gak ngamen dulu pdhl pemasukan terbesar saat ini ya dr ngamennya si ayah. ..belum lg biaya tak terduga yg timbul efek dr kuliah tersebut yg bikin kami nyaris tidak bs menabung hehe...tp gpp lah klo kata ayah saat sy ngributin uang belanja yg makin menyesakkan dada .."InsyaAllah ini untuk sesuatu yg lebih baik, jd kita harus berkorban dulu sekarang" hehe
btw..sy tetap memutuskan cuti karna mm lg butuh refreshing..kemarin sy cuti 4 hari..main sm anak2, berenang, ngemall, bikin kue, berenang lg, ke tempat kakak sy ke kemayoran, ke pasar malam...dan ternyata efek bahagia nya sm aja bagi sy..mau liburan jauh ato liburan murah meriah disekitaran rumah sj sm anak2..sy bersyukur ya Allah

Otang - oven tangkring ku

beberapa teman klo di todong baking suka ngeles gak punya oven (ngacung siapa aja hehe) dan sy selalu bilang "beli aja murah kok punya ku gak nyampek 100rb" dan akan diterusin dg pertanyaan "kayak apa tuh oven gak nyampek cepek" dan sy jawab "kecillll" tp cukuplah ....sy bisa bikin macem2 dengan si mini murah meriah itu. sejauh ini si otang blm pernah ngecewain sy yg keterlaluan..iya.... klo gak rata ngembang nya dikit ya wajarlah, klo gak rata mateng nya dikit wajarlah...namanya jg oven murce hehehe...ini dia penampakan si otang lg di atas kompor


yang ini otang lg bain marie klappetaart

hasil klappetaart nya enakkk..ada yg mo pesen..haha..nah lo pede amat yak

siapa yang jual mukena anak motif princess or strawberry warna pink...lagi nyari nihhh

Rabu, 09 Maret 2011

nawra, ayah dan ancaman

sy mm msh dalam tahap belajar dan mesti belajar lebih banyak tentang pengasuhan anak. yaaa...sy memang memiliki anak dulu baru memiliki kesadaran bahwa mendidik anak itu tidak lah mudah. jd jaman temen2 ngaji sy baca buku tarbiyatul aulad sebagai buku wajib khatam sebelum di proses nikah sm MR, sy gak terlalu peduli sm masalah itu. yg sy bayangkan tentang pernikahan hanyalah yg indah2 nya aja bareng suami...LOL

anyway..suami sy bukanlah tipe org yg suka baca2 buku parenting. dia tipe yg mengalir apa adanya dan percaya sepenuhnya atas metode pengasuhan yg sy terapkan. suami sy suka mengancam si kaka saat lg ajaib misalnya mukul adiknya berulang2, dorong2 adiknya smp jatuh terjerembab..kata2 andelan si ayah "kakak nanti ayah sentil sambil menjentikkkan jari seakan2 mau nyentil :)" sy selalu bilang "kalau mau sentil, sentil aja gak usah nagncem" bukannya sy membenarkan penyentilan ataupun pemukulan tp sy gak suka dg ancam mengancam ntar kan anak2 jd resisten, alias kebal dan akhirnya bukan disiplin malah makin jadi.

ini yg bolak balik sy komunikasikan ke mas inof, mengancam itu tidak baik ayah. he just dont get the point sampai suatu hari mas dengar nawra ngomong gini ke adiknya "dd jangan robek buku nanti kaka sentil sambil mngacungkan jari seperti mau nyentil..persis mas inof klo lg ngancem" gw diem tp ngakak dalem hati.

suatu malam sy sedang menyusui Al di kamar, nawra mm udah cranky dr td karna ngantuk tp kok ya ngotot msh mau nonton video dora di lapi ayahnya. Al jg klo lapi ayahnya dah kliatan langsung donk hadir jg depan lapi, nenen jg dah gak laku deh. dan mm nyebelin karna al menempelkan wajahnya ke layar lapi jd kakaknya gak bs nonton donk. ditariklah AL sm kakaknya sampai jatuh ke lantai. Al langsung dipangku ayahnya trus mas inof bilang ke kakak "ndak boleh gitu, sakit" nawra ulangi sekali lg pake acara cubit pipi adiknya si ayah mulai marah "kalau msh cubit2, ayah matiin dora nya " si kakak bilang "jangannnn" lalu asik nonton lg.
gak lama Al di dorong lg kali ini smp bunyi duk gt kepalanya kena lantai langsung gw ambil dan bawa ke kamar buat disusuin. lamat-lamat gw dengerin mas inof ngomong

A : kaka td ayah bilang apa klo pukul2 atau cubit lg dora nya ayah matiin. kecuali kaka mau minta maaf sm dd
N : jangannn..mau nonton dora
A : kalo gt minta maaf sm dd, dd sakit..kasihan
N : diem aja
A : kalo kaka gak mau ayah matiin dora nya

gw udh mulai resah..wah ini bakal di ancam2 lg neh gak dilakuin
gak lama terdengar suara mas inof lagi " udah bobo aja sana gak usah nonton dora"
tiba2 aja si kaka udh dusel2 di belakang sy, gak ada suara, gak ada tangis. sy peluk nawra msh dalam diam. sy usap2 punggung nya lalu sy bilang "makanya kaka jangan suka pukul2, klo suka pukul2 kaka ga punya teman, bunda marah, ayah marah" maksud sy pengen jelasin bahwa ayah nya marah karna dia mukul2. tp gak nemu kata yg pas. nawra jawab "iya gak nonton dora" akhirnya gak lama dia tidur begitu bangun pagi yg pertama dicari ayahnya.

malam itu setelah anak2 tidur sy jd ngobs banyak sm mas inof soal pengasuhan anak. hal yg dulu2 dia gak konsen, sekarang jd melek. mas inof tegasin lg klo tugas utama sy tetap urusan domestik klo kerjaan kantor bikin sy kelelahan hingga gak optimal ngurus anak2 ya mending resign. dia bilang gini karna sy sering ketiduran, saat nyusuin Al (pdhl baru aja azan isya) yg bikin nawra jd uring2an karna msh pengen main sm sy tp sy udh tidur. dia jg bilang klo sekarang kuliahnya lg padet banget, menyita pikiran dan tenaga jd gampang kesulut jd untuk saat ini porsi sm anak2 yg harusnnya 50:50 kita berdua jadi 60:40 dg porsi lebih banyak di sy.

moral of the story : bener banget, mengancam itu tidak baik bukan bikin anak makin disiplin malah bikin anak makin menjadi ajaibnya karna mereka lama2 menjadi kebal dan gak takut lg. udah terbukti kok klo sy cukup diam sambil memandang tegas (baca : melotot) udh cukup bikin nawra tau sy tidak setuju dg apa yg dia lakukan tp klo ayahnya butuh menaikkan suara dulu baru naw ngeh ini bukan sekedar ancaman belaka

foto mas inof gendong nawra waktu nawra masih 2 bulan baru selesai di gundul..sy inget banget..

Althaf ku, anak lanang ku

di usianya yg 20 bulan untuk pertama kalinya sy playdate berdua sj dg Al. sy merasa terlambat, dan sedikit mengabaikan Al mungkin karna faktor anak kedua yg jaraknya terlalu dekat pulak sy jd lupa bahwa Al jg membutuhkan moment hanya berdua sj dengan sy tanpa direcokin kakaknya. selama ini sy terlalu konsen dg perkembangan emosi si kaka yg merasa adiknya adalah saingan, dan lupa menjaga perasaan si adik.

yup, sy merasa bersalah. tp lebih baik terlambat drpd tidak sm sekali. sy berjanji akan lebih adil membagi waktu antara nawra dan al.

hari itu sy ajak nawra pulang dr kantor (hari jumat, dia ikut sy dr pagi) dan sy bilang "kaka di rumah dl ya sm kak sherly bunda mau ajak dd pergi sebentar. gak lama kok"
ya tebak sj tentu dia keberatan. malah dia bilang dede dirumah aja kaka pergi sm bunda. sy diamkan sj, setidaknya sy sudah bilang kan? sampai dirumah sy suruh sherly mengganti pakaian Al lalu sy keluar diam2..ya diam2..ajak al ke mall dekat rumah.
lucu deh liat al yg terheran2 naik angkot dan jalan kaki dalam gendongan sy. dia mungkin binun kok tumben pergi berdua sj sm bunda.sepanjang jalan dia ngoceh bahasa planet sambil nunjuk2..duhh nak kamu ngomong apa sih

kami berdua mampir ke AW membeli kentang goreng, lalau duduk di play ground 15rb sepuasnya smp dia capek menikmati kentang goreng yg kami beli barusan. awalnya Al gak mau main hanya duduk gelendotan sm sy sambil makan kentang. lama-lama dia liat trampolin dan main lompat2 disitu sampai bosen. puas main kita ke ke toko mainan, beli lego murahan bukan yg aseli untuk oleh2 di rumah.

sy lihat jam udah jam 2 siang mesti balik ke kantor, sy bujuk2 al untuk pulang akhirnya dia mau jg. sampai di rumah al dan nawra seperti orang yg saling kangen, ketawa2 dan ngobrol berdua nawra bilang gini
"dd udah pulang, jangan nangis ya bunda kerja dl nanti sore pulang" mengantar sy yg terburu2 balik ke kantor.


hape ketinggalan lg dirumah untuk kesekian kalinya jd pasang foto al yg msh 9 bulan..hahah..ibu2 pikun