Rabu, 25 Mei 2011

Soto Ayam

Kemarin pulang kantor mendapati nawra sumeng, 37.5 derajat terbaca di termometer. habis magribh nawra tidur sedikit-sedikit terbangun dan bilang tenggorokannya sakit. menjelang subuh dia bolak balik minta air putih dan ngomong "minum putih bunda supaya tenggorokan gak sakit". sejak semalam sy berniat membuatkannya soto ayam, biasanya klo kita lg gak enak body kan enaknya makan yg hangat dan berkuah.

Alhamdulillah dideket rumah ada BEL MART, toko yang jualan ayam dan kawan2nya termasuk ati ampela, ayam fillet, boneless, etc. sy ajak mas inof kesana beli ayam negri 1 ekor dan 6 pcs ati ayam rencana mo ditumis kecap.

td pagi kebetulan jam 6 pagi nawra udah bangun melihat sy keluar dengan semangkuk soto campur hangat dia langsung minta makan disuapin sy.

fotonya agak burem, maklum jam 6 pagi matahari masih malu-malu. pelengkap sotonya sesuai isi kulkas saja hanya ada telur dan daun bawang. cukup nikmat untuk kondisi darurat.

Bahan :
1/2 ekor ayam utuh potong 2, klo ayam negeri buang kulitnya kalo ayam kampung gak perlu
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
5 siung bawang merah
5 siung bawang putih
3 buah kemiri
1 batang serai memarkan
2 lembar daun jeruk
minya goreng untuk menumis bumbu
gula dan garam secukupnya

cara:
1. rebus ayam dalam 1 liter air dengan api kecil, biasanya setelah mendidih akan keluar buih/busa. klo pake ayam negri sy sarankan untuk  membuang buih tersebut.
2. haluskan bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, dan kemiri
3. panaskan minyak secukupnya tumis bumbu halus tambahkan daun jeruk dan serai teruskan tumis hingga wangi.
4. masukkan tumisan bumbu kedalam rebusan ayam
5. tambahkan gula dan garam secukupnya. masak hingga mendidih dan ayam empuk
6. angkat ayam dr panci, suwir2.
7. potong daun bawang untuk pelengkap dan rebus telur.

penyajian soto campur
dalam wadah masukkan 1 centong nasi, tambahkan daun bawang, suwiran ayam dan telur rebus lalu siram dengan kuah soto. siap dinikmati.

Selasa, 24 Mei 2011

Pancake

siapa yg gak bisa bikin pancake ?? sy rasa sambil merem jg jadi ya. banyak sekali versi pancake dan banyak resep yang sudah sy coba sampai kemudian sy menemukan cara yg simpel gak perlu pake wisk or mixer modalnya cuman centong nasi dr kayu.

bahan:
100 gr tepung terigu segitiga biru
100 ml susu UHT
seujung sdt garam
2 SDM gula pasir
1 SDM butter / margarin cairkan
1 butir telur bulat
1/2 SDT BP atau BS apa aja yg tersedia, gak pakai juga gak apa2 kok

cara :
masukkan terigu dan garam dalam wadah, tuangi susu dan aduk sampai licin.
ditempat terpisah kocok dengan garpu telur dan gula hingga rata
masukkan kocokan telur dalam adonan tepung aduk rata
terakhir masukkan butter leleh dan BP/BS lalu aduk lg
panaskan wajan teflon
klo saya gak pake minyak sama sekali karna adonan dah ada butter jd gak lengket kok
tuang 1 sendok sayur adonan ke tengah teflon, tekan sedikit dg sendok sayur supaya adonan bagus.
tunggu beberapa saat setelah muncul pori2 pd adonan, bs dibalik lalu angkat
siap disajikan dengan topping sesuai selera

Sate Goreng

sebenarnya ya klo menurut pendapat cetek sy daging itu mau dimasak apa walaupun asal2an tetep aja enak, ya iyalah daging gitu hehe. well, tp bagi yg nyari resep super simpel gak pake ngulek2 dan hasilnya enak sate goreng inilah pilihannya. semua bumbunya hanya di rajang saja. ini menu wajib saat lebaran di rumah saya setiap tahunnya.

bahan :
1 kg daging sapi has dalam
5 batang serai iris tipis
6 siung bawang putih iris halus
6 siung bawang merah iris halus
asam jawa secukupnya larutkan dengan air masak
kecap secukupnya tergantung selera kalo kami kebetulan suka yang banyak kecapnya
garam dan gula secukupnya

cara :
potong2 daging sesuai selera
masukan irisan serai, bawang merah, bawang putih remas2 hingga bumbu meresap
tambahkan air asam, kecap garam dan gula remas2 lg hingga rata biarkan 30 menit.
masak diatas api sedang hingga air mengering dan daging lunak
angkat sajikan dengan nasi panas..sedep

selamat mencoba

Makaroni Skotel


sy suka membuat olahan yang didalamnya mengandung sayur, karna anak sulung sy nawra bukan lah penikmat sayur. anak ini makannya gak susah hanya sj tidak mau sayur, yang salah tentu saja sy yg kurang berusaha untuk membiasakan nawra makan sayur.

jadi sy menebusnya dengan sebisa mungkin mengolah makanan yg ada sayurnya. makaroni skotel ini salah satunya.

resep hasil browsing lewat mbah google tp sepertia biasa gak ngesave link. tp biasanya sih milik member ncc karna sy seringnya browsing resep milik ncc dan membernya.


Macaroni skotel
Bahan :
225 gram makaroni
2 sdm minyak goreng
400 gram wortel, parut kasar
200 gram bawang bombay, di rajang halus
4 bawang putih, dicincang
60 gram margarin
600 cc air
400 cc susu
150 gram corned beef
5 buah bakso dipotong2, bisa juga pakai smocked beef
8 butir telur
2 sdt garam
2 sdt merica halus
200 gram keju cheddar  parut
50 gram keju cheddar parut untuk taburan

cara:
- Tumis bawang putih & bawang bombay dengan margarin.
- Masukkan wortel, tumis sampai layu.
- Masukkan air,masak sampai agak kental. Angkat.
- Rebus makaroni dengan air dan 2 sdm minyak. Angkat, tiriskan.
- Kocok telur dan susu, masukkan corned beef & smoked beef.
- Masukkan wortel halus Aduk rata.
- Tambahkan bumbu2, keju dan makaroni. Aduk sampai rata banget.
- Masukkan ke dalam alumunium cup, taburi keju parut.
- Panggang dalam oven selama 1 jam, atau sampai kecoklatan.
- Angkat, dinginkan sebentar..
- siap di makan begitu aja ato dicocol sambel
Note : kadang sy variasiin dengan dipotong2 terus dicelupin ke telur dan di goreng..yummyy


Klappetaart

sy suka klappetaart, klo di kota masa kecil sy makassar sana kami punya toko kue langganan yg menjual klappetaart tp beda sm klappetaart wilton ini. di makassar sana bentuknya lebih mirip pie yg diisi dengan klappetaart..perfect... i love pie and i love klappetaart.

sebenarnya au bain marie really not my cup of tea, tp apa daya sebagian besar cemilan yg saya suka justru yg harus dimasak dengan cara itu. baiklah..lakukan sj walau dg sedikit mengomel karna air yg menetes dr loyang walaupun sudah dilapisi alumunium foil.

suatu waktu  saat  keluarga sy dr makassar berkunjung ke rumah, sy buatkan klappetaart versi wilton ini buat mereka dan semua makan sampai nambah. yg paling berkesan adalah perkataan bapak saya "tumben kamu bisa enak bikin kue nya" wow..it means a lot to me  secara buat bapak  sy ini tidak lebih dari gadis kecilnya yg jarang dirumah, hobi ekskul, malas dan gak bisa masak..hehehe..well, dad time flies i'm a mother now

resep asli diambil dr blog nya mba riana, ini salah satu blog masak favorit saya, trus pas cari2 lewat mbah google dapet resep sm plek tp bahasa indonesia cm sy lupa gak ngesave link nya.


KLAPPERTART WILTON
1000 cc fresh milk
250 gr gula pasir
50 gr tepung terigu
50 gr tepung custard
50 gr maizena
150 gr mentega
6 btr kuning telur -> bisa ditambah max 3 btr
2 btr kelapa muda -> note: tambahin lebih enak
100 gr kenari panggang cincang
kayu manis bubuk

 
Topping :
6 btr putih telur
4 sdm gula pasir
2 sdm tepung terigu
kismis direndam air hangat, peras 
kayu manis bubuk

cara :
  1. Panaskan 800 cc fresh milk dan gula pasir
  2. Larutkan tepung terigu, custard dan maizena dengan 200 cc fresh milk
  3. Masukkan campuran susu dan tepung kedalam susu panas, aduk terus sampai mengental dan meletup-letup. Angkat dari api, masukkan mentega, aduk rata.
  4. Masukkan kenari dan kayu manis bubuk
  5. Masukkan kuning telur satu persatu
  6. Masukkan daging kelapa muda, aduk rata
  7. Masukkan adonan kedalam cup sampai ¾ tinggi. au bain marie sampai setengah matang
  8. Kocok putih telur dengan mixer sambil dimasukkan gula sedikit sedikit sampai kaku
  9. Masukkan tepung terigu, aduk rata dengan spatula
  10. Semprotkan toping keatas adonan ½ matang sampai cukup tinggi, taburi dengan kismis dan kayu manis bubuk
  11. Bakar lagi sampai toping berwarna kekuningan.
  12. keluarkan dari oven, biarkan dingin lalu simpan dalam lemari pendingin.


Puding Busa Oreo

kalo ditanya apa cemilan favorit di rumah sy bisa jawab "puding". mas inof menyukai cemilan yg seger2, sweet but not too sweet. nawra aka kakak si sulung sy jg setali tiga uang seleranya sm ayahnya. so sepanjang sejarah masak memasak sy entah sudah berapa macam puding yg sy uji cobakan di dapur kecil sy.

best seller saat ini adalah puding busa oreo, 3x dalam seminggu membuat penganan yang sama untuk dimakan sendiri adalah rekor tersendiri bagi saya. puding ini luar biasa, cake nya moist dan nendang coklatnya, pudingnya tidak terlalu manis dengan rasa susu yg dominan berpadu dengan biskuit oreo dengan rasanya yg hmmm..khas. pantas jadi idola anak-anak bahkan bungsu ku sekalipun yg tidak terlalu doyan ngemil.

resepnya aslinya diambil di sini
ini saya tuliskan lagi resepnya dengan sedikit modifikasi disesuaikan dengan bahan dan alat yang sy miliki


PUDING BUSA OREO
Bahan
cake :

4 butir telur
1 sdt emulsifier
100 gr gula
75 gr terigu, ayak dengan 25 gr coklat bubuk
butter 65 gr,lelehkan
1 sdt pasta coklat

pudding :

1 dus biskuit oreo buang krim nya
500 ml susu cair
1 bungkus agar agar bubuk putih
125 gr gula pasir
3 kuning telur, kocok lepas
1/8 sdt vanilla essence
3 putih telur
2 sdt gula pasir


Cara
cake :
1. kocok telur, gula dengan emulsifier sampai mengembang betul (kentaaal, putih dan kalo mixer diangkat si adonannya berjejak)
2. masukkan terigu dan coklat bubuk yang sudah diayak, kocok lagi dengan speed rendah
3. masukkan butter leleh dan toffieco, kocok lagi dengan speed rendah
4. masukkan dalam loyang bulat 24 cm
5. panggang kira kira 30 menit, tes tusuk aja

pudding :

1. Campur susu, agar-agar, gula ke dalam panci, aduk hingga agar-agar larut. jerang di api sedang, aduk hingga mendidih dan gula larut, kecilkan apinya. Ambil sedikit adonan agar-agar, masukkan kedalam kuning telur kocok, aduk cepat, tuang ke dalam adonan agar-agar lagi, aduk cepat lagi, matikan apinya. masukkan esens, aduk rata
2. kocok putih telur bersama gula hingga kaku dalam wadah cekung. masukkan adonan agar-agar yang masih panas sedikit demi sedikit sambil dikocok menggunakan mixer berkecepatan rendah hingga rata.


assembly :

1. Keluarkan cake dari cetakan untuk memastikan cake tidak menempel, lalu masukkan lagi
2. tuang pudding 1/2 bagian, ratakan
3. tata oreo yang sudah dibuang creamnya
4. tuang lagi sisa pudding, ratakan
5. simpan didalam kulkas sampai puding mengeras.

klo mau makan tinggal di potong-potong deh. 

Senin, 23 Mei 2011

Masak Memasak

Akhirnya sy sampai pada keputusan membuat blog khusus untuk hobi masak memasak sy, kenapa ? selama ini sering banget sy kerepotan saat mencari arsip resep2 sy yg bentuknya masih berupa lembaran kertas. soft copy nya sy punya sih tp di komputer kantor yang artinya klo sy dirumah gak bs diakses..merepotkan sekali.

No...i'm not an expert not even close
sy hanyalah seorang ibu rumah tangga biasa, yang memiliki hobi makan enak tp modalnya dikit hahaha jd lebih seringnya sy merepet saat mengeluarkan uang banyak dan mendapatkan sajian yg di lidah sy terkesan biasa sj. jadi disinilah sy memuaskan kesukaan sy terhadap makanan enak, mencoba membuatnya sendiri...bahkan saat rasanya begitu mengerikan sy tetap bisa tersenyum karna ...YES..I COOK IT MYSELF...NO ONE TO BLAME..hahahahah

disamping itu ada anak-anak sy tercinta dan suami, sudah menjadi tanggung jawab sy untuk menyajikan makanan yang sehat, halal dan enak bagi mereka. .minimal dengan memasak sendiri sy bs menjamin kebersihannya, bumbu apa yg boleh dan tidak boleh dipakai, dst..dst..

last...i found so many happiness in cooking...terutama saat anak-anak dan suami memuji apa yg saya masak..wow ...its everything...

to be add, sy jg tdk jago mengabadikan gambar...jd mohon maaf jika penampakan hasil masakan sy "sangat biasa" 

so mommies...let's cook for your precious family

Kamis, 12 Mei 2011

Jual : Medela Mini Electric Second - SOLD

Mak, sy mau jualin Medela Mini Electric punya temen sy. dulu sy jg yg beliin buat dia tahun 2009, di Audrey Baby Shop ITC Cempaka Mas. sekarang mau di jual karna dia lebih nyaman meres pake tangan. kondisi InsyaAllah masih bagus (95%). sy buka harga 500rb nego deh ya, dulu belinya 700rb sekarang gak tau harganya dah berapa yak. klo ada yg butuh silahkan kontek sy.
note : ada sedikit cacat di bagian tutup botol kena panas pas diangetin, itu aja cacatnya. pompa beli tahun 2009 tp jarang bgt dipake

Selasa, 10 Mei 2011

Al dan Makan

ni anak hobinya makan yg rada pedes, gurih, asem...kurang suka makanan yg manis. smp sekarang msh makan bubur tim ..bukan karna dia gak mau makan nasi tp karna dia gak suka klo nasi putih yg gak ada rasa. jd biasanya untuk rutin, dia tetap makan bubur tim brokoli, wortel, buncis or daging untuk keseimbangan gizi nya di luar itu dia ikut makan makanan qt dirumah misalnya nasi pake kuah cumi kecap, nasi soto, nasi goreng, pokoknya yg berbumbu deh klo cm disuapin ikan goreng sm nasi pasti dilepehin nasinya trus ikannya dipungut. note : ayahnya katanya dl smp SD kelas 1 juga msh makan bubur no wonder ya smp sekarang mas inof tuh gak suka nasi yg pulen maunya nasinya rada benyek gt klo nasi keras duhh pasti dia protes.

klo pergi2 Al msh ngebekel tp qt dah ijinin dia jajan..nah jajanan favorit Al adalah french fries, es krim, dan yoghurt..klo liat dia makan duh kayaknya nikmat bgt. kek semalam dia minta ikut makan sm ayahnya disuapin lah nasi sm kuah cumi (cumi nya blm dikasi agak alot soalnya) tiap disuap tuh dia bersuara ammmm....wew..nikmat bgt ya dek..