Rabu, 29 Juni 2011

kukis hias part 2


gw rasa ini lah yang namanya ketagihan...hehheehe..maklum baru bisa bikin kukis hias. hasilnya enak dan anak-anak doyan..perfect...itu hiasannya hasil prakarya seisi rumah, gw, kakak nawra sampai para ART yg hepiii banget nge hias kukis inih..resepnya nyontek alfabet kukis aja

Selasa, 28 Juni 2011

Alfabet cookies

akhirnya kesampaian juga bikin kukis hias...tertawa senang...ini kukis hias pertama sy. dan ternyata tidak sesulit yg sy bayangkan. jd ketagihan pengen bikin lagi tapi nunggu pesenan cookies cutter rabbit dan marie the cat nya dateng dulu biar anak-anak makin senang.
semalam sy hanya bikin 1/2 resep sj. ini resep kukis hias nya ncc. kue belum lg dikeluarkan dr loyangnya karna msh hangat tp si sulung sy sudah berinisiatif mengambil piring dan memindahkan isi loyang ke dalam piring...karna kukis ini mini maka kakak nawra sanggup makan 1/2 loyang sendirian..duhh selalu rasanya bungah saat anak-anak menyukai apa yg sy buat.

bahan :
150 gr mentega - saya pakai 50gr butter dan 100gr margarine
2 butir kuning telur
50 gr gula halus
250 gr tepung terigu
1/2 SDM maizena

hiasan :
200 gr gula halus
2 putih telur
1/2 sdt cuka - optional
1/2 sdt cream of tar tar - optional
vanilla essence - optional
pewarna makanan sesuai selera

cara :
kocok mentega dan gula hingga halus tambahkan kuning telur kocok lg sebentar
matikan mixer, masukkan tepung aduk pake centong kayu sampai adonan bs dibentuk klo msh terlalu lembek tambahin aja tepung dikit2 tp hati2 jgn sampai kebanyakan ntar keras.
giling adonan sampai ketebalan yang diinginkan lalu cetak
panggan hingga hampir matang keluarkan dr oven
hias dengan icing lalu panggang lagi sampai benar2 matang.

foto nyusul yaa inet lemotttt

Senin, 27 Juni 2011

Penyapihan Althaf

beberapa bulan sebelum genap usia Al 2 tahun sudah beberapa kali sy dan mas inof membahas kapan selayaknya Al memulai proses weaning nya. setiap kali Al menggigit dan sy marah2 bahkan beberapa kali pantat montoknya sy pukul reflek karna kaget di gigit, mas inof selalu bilang ya udah disapih aja toh udah mau 2 tahun drpd kamu kesakitan. tp sy selalu gak tega, pas digigit sy bilang dalam hati mau menyapih tp besoknya sy gak tega setiap kali Al minta nenen walaupun gigitan demi gigitan terus datang berulang sampai puting lecet dan bengkak.

tepat usianya 2 tahun, sy jg belum berkeinginan untuk menyapih tp uti dan kakung dr pihak sy bilang sebenarnya sayalah yg tidak tega menyapih bukan Al nya yg belum siap. saat diomongin begitu sy mencoba tidak memberikan nenen di siang hari, pengen ngetes apakah mm Al udah siap. sebelumnya jg sy komunikasikan hal ini ke Al sy bilang "dd nenen buat bobo malam aja ya klo siang gak usah nenen lg minum putih aja " diluar dugaan sy Al baik2 sj. memang sih dia meminta tp langsung sy tawarin air putih setelah minum Al gak minta nenen lg begitu smp malam. klo udah ngantuk dan rewel bgt baru sy kasi nenen tp sy perhatikan nenennya udh gak lama kayak biasanya, dah gak ngempeng begitu tertidur nenennya langsung dilepas.

mas inof bilang tunggu 1-2 minggu baru berhenti total jgn langsung ...kasihan. minggu kemarin usia Al 2 tahun 20 hari sy sengaja ijin gak masuk kerja hari jumat. dr jumat pagi sy udah jelasin ke Al  "dd gak usah nenen lg ya, nenennya disimpan aja karna dd udah makin besar dan pinter. berenti nenen itu tandanya dd semakin pintar, berenti nenen bukan berarti bunda gak sayang justru bunda sangat sayang dan akan selalu sayang". sy luangkan lebih banyak waktu sm Al, mandiin, nyuapin makan, nemenin main, nonton tv, semakin sering sy peluk dan cium.

hari pertama : rewel, menangis saat mau tidur siang. sy pegang gak mau. baju sy ditarik2 supaya ngluarin nenen. sy diam aja sambil terus bilang "sini bunda peluk aja gak usah nenen ya dd kan pinter" lama2 nangisnya berenti dan tertidur. malam hari nya nangis2 sebentar terus tidur. kebangun 2x nangis sy biarin trus Al nya bobo lg.

hari ke dua : siang nya lancar, malamnya nangis pas mau tidur sy biarin aja sambil tawarin air putih. capek nangis, ngantuknya ilang begadang deh sampai jam 2 malam. jam 2 Al minta di gendong sy gendong sebentar dia tidur lalu sy baringkan di kasur. tidur sampai siang. bangun tidur sy ajak berenang sy bilang "kita berenang merayakan dd yg pintar udah gak nenen bunda lg"

hari ke tiga : siang nya msh agak rewel tp gak nangis. gak tidur siang. jam 6 sore minta gendong sy gendong dan Al tertidur. jam 9 malam Al bangun main-main sm kakaknya. jam 11.30 qt semua masuk kamar mau tidur sy udah antisipasi akan begadang lg ternyata ..subhanallah Al tiduran disamping sy ndusel2..guling2 ..gak nangis sm sekali. sy sampai ketiduran trus terbangun karna tangan sy ditarik2 Al dia nyodorin gelas pigeonnya minta minum..habis minum Al trus tidur sampai pagi gak bangun..
...Alhamdulillah...

terima kasih ya Allah untuk memudahkan proses ini bagi sy dan Al. bener sih kedua pihak ibu dan anak harus ikhlas klo gak..pasti susah..sy sudah mantap menyapih Al dan Al jg sudah siap jd gak terlalu banyak drama, gak seperti jaman nyapih nawra sy nya belum ikhlas dan nawra nya belum siap..banyak tangisan dan kesedihan deh.

klo menurut sy tangisan dan rengekan sangat wajar karna anak kehilangan kebiasaan yg dilakukannya sejak dia belum mengerti apa2. mas inof membesarkan hati sy saat sy bilang..sy kasihan dan ndak tega...ndak boleh begitu bunda ini proses yg akan dilalui setiap anak, ini akhir dr masa menyusui tp awal dr sebuah proses baru yang tentu saja akan sama membahagiakannya buat Althaf dan kita.

ya begitulah ibu2..sy pikir akan sangat susah menyapih Al yg nenenholic..tp ternyata hanya butuh 3 hari untuk membuat Al rela melepas masa menyusuinya. sy bangga, sy bahagia semuanya berakhir dengan indah...sy tidak mengalami emosi karna tangisan dan rengekan, tidak ada bentakan dan kemarahan, sy diam dan menguatkan Al saat dia merengek, sy katakan betapa sy sangat menyayanginya walau sy tak lg menyusui  nya....subhanallah...menyusui Al selama 2 tahun 20 hari sungguh sebuah keajaiban, masa yg sangat indah dan saat semuanya berakhir yg bs sy kenang adalah kebahagiaan itu sendiri karna semuanya berakhir dengan indah...weaning with love..now i can see the point..a process with love and an ending with love also

bunda menyayangi mu nak....

Minggu, 26 Juni 2011

aeroplane & turtle on my plate

have i told u that my first daughter really love any kind of pudding ?? and i love to make it coz it just so easy..merem jg jadi klo kata orang mah :).

beberapa minggu yg lalu saat kepasar sy nemu cetakan pesawat dan kura-kura..langsung borong 10 biji karna inget si kakak pasti suka klo pudingnya bentuk lucu2. kemarin sy bikinin deh puding buat cemilan weekend nya. langsung habis 2 kura2 sekali makan..hehe..senengnya minta ampun klo anak-anak doyan sm hasil karya saya.

bahan :
250 ml fresh cream
100 ml susu UHT plain
50 gr gula pasir
1 bks agar2
vanila essence - optional
pasta black forest - optional

cara :
campur agar-agar dengan susu dan fresh cream hingga rata. masak dengan api sedang sambil terus di aduk
begitu sudah kliatan buih2 akan mendidih matikan api
masukkan vanilla essence aduk rata
bagia adonan menjadi 2 bagian satu bagian diberi 1 tetes pasta black forest
cetak, masukkan dalam lemari pendingin 

Kamis, 16 Juni 2011

ada yg butuh medela electric second ?? 450rb saja kondisi masuh 95%..

Arisan Halo Balita dan Ensiklopedia Bocah Muslim

Rating:
Category:Books
Genre: Childrens Books
Author:Mizan Dian Semesta
Bunda dan Ayah...InsyaAllah semua sudah paham bahwa "good book is priceless and brightens the future" buku jauh lebih baik menstimulasi otak anak drpd pemutaran VCD edukasi maupun program tivi untuk anak-anak. buku yg bagus adalah investasi yang tak ternilai, menanamkan cinta buku dan baca sejak kecil bagi anak-anak kita terkasih.

supaya tidak memberatkan karena saya memahami bahwa kita pun mempunya segudang kebutuhan penting lainnya, yuk ikut arisan buku..mencicil buku dengan harga cash..untuk Halo Balita hanya 140.000 / bulan selama 10x, untuk Ensiklopedia Bocah Muslim 250.000/ bulan selama 10x. buku diperoleh saat mendapat arisan / namanya naik.

yang berminat..monggo silahkan kontak bunda nawra bs komen ato PM.

Minggu, 12 Juni 2011

Killer Brownies -Pennylane Brownies

awal-awal bikin brownies ini sy pake resep asli di blog nya mba riana. yg ukurannya pake cup, karna dirumah gak ada cup ya sy pake measuring cup nya magic com ..ngakak..awalnya sy sempat denger klo bikin brownies ini satu dan lain org bervariasi hasil dan rasanya..terdengar aneh ya tp setelah sy coba bikin sendiri dg resep asli itu memang benar..jd klo hari ini sy bikin rasanya bisa uenak bgt besoknya jd biasa aja rasanya...weird..hehe
kemarin tuh iseng aja browsing dan mampir ke blog cakefever nemu resep brownies ini tp ukurannya dah dikonversi jd bisa pake timbangan. sy coba bikin lg awalnya agak kaget kok adonannya jd kentel bgt dan berat tp sy mikir bukannya brownies itu mm harus bantat, pas dah matang gak bantet kok tp mm berat khas brownies. bikin pertama hari jumat malam sy tambahin coklat leleh 135 gr hasilnya mm kurang kokoh tp jd lembab dan terasa coklat bgt, kayaknya coklat lelehnya kebanyakan..tapi org rumah suka banget.bikin kedua hari minggu pagi buat acara pengajian sy pake coklat bubuk biasa yg murce karna stok tulip lg habis buat ngakalinnya sy tambahin 1 SDM toffieco blackforest trus diatasnya sy taburin chocochip..enak juga. bikin ke 3 minggu pagi karna denger ada yg mau namu jg tetap enak dan bantat layaknya brownies. jd sy lebih prefer pake resep yg udh di konversi drpd yg cup tp gulanya sy kurangin karna klo ngikutin resep terlalu manis buat anak-anak.


bahan :
360 gr gula pasir --sy pakai 300 gr itu sj msh terlalu manis menurut lidah sy, gak bagus klo anak-anak ikut makan
4 butir telur
1 sdt garam
210 tepung terigu
60 gr coklat bubuk
1 SDM toffieco black forest -- optional sj
225 gr minyak goreng -- klo mau lebih sehat bs pake minya canola ato zaitun tp sy blm pernah


untuk campuran bisa pake DCC, choco chips, oreo, kurma, kacang tanah sangrai, almond..anything perfect with this brownies


cara :
1. kocok gula dan telur hingga kental dan berbusa
2. tambahkan garam kocok lagi sebentar
3. matikan mixer masukkan ayakan terigu dan coklat aduk dengan spatula
4. masukkan minyak goreng aduk lg hingga rata
5. klo mau pakai bahan campuran misalnya dcc dicampurin deh sekarang
6. panaskan oven (sebaiknya dr awal klo pake otang dah dipanasin jd pas ready panasnya pas)
7. panggang brownies..gak lama kok 30 menit sj tes tusuk..jgn terlalu kering nanti keras 
8. dinginkan baru keluarin dr cetakan dan potong2 sesuai selera

Selasa, 07 Juni 2011

Halo Balita

Rating:★★★★★
Category:Books
Genre: Childrens Books
Author:Mizan Dian Semesta
akhirnya sy memutuskan untuk ikut menawarkan produk-produk mizan. sudah sejak setahun yang lalu saya membelikan buku Halo Balita untuk anak-anak saya dan benar-benar terasa manfaatnya untuk melatih kemandirian sehari-hari, pendekatan spiritual, nilai-nilai moral dasar dan menumbuhkan minat baca dalam diri nawra dan Althaf. karena segala manfaat itulah sy merasa perlu berbagi dan menginginkan semua anak berkesempatan mengenal buku bergizi ini. memang harganya mahal bagi sebagian orang (bagi saya juga) tp sy merasa manfaat dan kwalitas bukunya sebanding dengan harganya malah jauhhh terasa murah.
bagi yang ingin memiliki buku bagus ini untuk buah hatinya bisa cash, bisa nyicil atau bisa juga arisan.

Secara keseluruhan, produk Halo Balita terdiri atas 26 jilid buku yang dibagi dalam 3 kategori, self help, spiritual dan value.

9 Jilid SELF HELP
Topik ini melatih kebiasaan dan kemandirian anak dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Aku Bisa Makan Sendiri
Aku Bisa Mandi Sendiri
Aku Bisa Pakai Baju Sendiri
Aku Berani Tidur Sendiri
Aku Bisa Merapikan Mainan Sendiri
Aku Suka Buku
Aku Selalu Hati-hati
Aku Berani ke Dokter
Aku Senang Keliling Kota

5 Jilid SPIRITUAL
Topik ini melatih anak melakukan aktivitas yang merupakan pengembangan awal keyakinannya dalam kehidupan beragama.

Aku Sayang Allah
Aku Sayang Rasulullah
Aku Bisa Shalat
Aku Belajar Puasa
Aku Cantik Pake Jilbab

11 Jilid VALUE
Topik ini melatih anak agar mulai memahami dan menerapkan nilai-nilai moral dasar.

Aku Suka Menabung
Aku Anak Jujur
Aku Anak Pemberani
Aku Belajar Membuang Sampah
Aku Sayang Teman
Aku Sayang Bibi
Aku Anak Santun
Aku Sayang Keluarga
Aku Anak Sabar
Aku Suka Berterima Kasih
Aku Sayang Mio

Dalam satu kemasan Halo Balita, disertakan bonus tiga buah boneka tangan yang mewakili tiga tokoh utama alur cerita. Dus kemasan bisa dipergunakan sebagai panggung boneka. Permainan boneka ini merupakan bagian dari proses penguatan kesan anak terhadap cerita yang disampaikan.

Spesifikasi produk:
Terdiri dari 25 jilid (18 halaman per jilid) + 1 jilid panduan untuk orang tua
Ukuran 18 x 18 cm, Cover : hardcover, kertas isi dupleks tebal yang tahan air sehingga awet dan aman untuk balita.
Bonus 3 buah boneka tangan

Harga : Rp 1.540.000,-
Harga Tunai disc 10 % : Rp 1.386.000,-
Angsuran
1 bulan : UM Rp 770.000,-, Cicilan 1X : Rp 770.000,-
2 bulan : UM Rp 528.000,- Cicilan 2X : Rp 528.000
3 bulan : UM Rp 402.000,-, Cicilan 3X : Rp 402.000,-
4 bulan : UM Rp 385.000,-, Cicilan 4X : Rp 312.000,-
6 bulan : UM Rp 385.000,-, Cicilan 6X : Rp 215.000,-
8 bulan : UM Rp 385.000,-, Cicilan 8X : Rp 167.000,-

Minggu, 05 Juni 2011

Bread Pudding

Dah lama ngiler ngliatin foto2 bread pudding yg berseliweran di dapur maya ..hehe lebay..jujur belum pernah makan bread pudding sebelumnya tp pas liat penampakannya di foto yg ada kismis, bubuk kayu manis...duhh ngiler..sy memang pecinta kayu manis haha dan sekaligus pecinta segala macam kue dg custard or vla...duhh kueh yg satu ini amat sangat mudah sekali dibuatnya

bahan :
250 ml fresh cream
50 ml susu segar
25 gr gula pasir
1 butir telur utuh
1 butir kuning telur
vanilla essence - kemarin sy gak pake karna out of stock

cara :
1. potong2 3-4 lembar roti tawar
2. tata dalam pinggan tahan panas yg sudah diolesin butter tebal2...sy suka banyak butter
3. kocok gula dan semua telur hingga berbusa
4. masukkan fresh cream dan susu segar, kocok sebentar hingga rata
5. tuang kedalam pinggan yg berisi roti, tekan2 supaya roti terendam semua
6. diamkan 30 menit
7. menjelang dipanggang taburi permukaan pudding dengan kismis, bubuk kayu manis dan gula palem
8. panggang dengan cara au bain marie 20 menitan tergantung oven
9. angkat dinginkan sebentar masukin kulkas deh klo mo makan tinggal potong

note : untuk 1 resep menurut sy hasilnya dikit, gak puas jd mending sekali bikin 2 resep deh biar gak capek manggangnya

My First BDCK

 Buat Ultah anak bungsu ku yang ke 2 aku niatin bikinin dia blackforest buat BDCK nya..jauh lebih bermakna drpd beli hehe ..ini dia fotonya nongol
perjuangan banget deh bikin Birthday Cake inih..kesulitannya karna sy mm udah lama bgt gak menghias BDCK ditambah peralatan yg seadanya..kemarin itu ya sy ngiasnya pake whipping cream cair merk rosella yg tinggal di kocok sampai hard peak trus di oles deh ke permukaan cake nya. rencananya pinggirannya mau ditempelin DCC tp kok pas dipotong DCC merk tulip ituh malah ancur jd serpihan sy gak tau sebabnya apa jd sy putuskan untuk ngelelehin DCC tsb. trus ya karna udah panik dan capek sy gak nunggu coklat cairnya dingin main langsung siram aja keatas cake yg dah dipoles whipp cream..duh kacaw...tp alhamdulillah nya setelah masukin kulkas lumayan jg hasilnya..seperyi biasa gak tahan lama malemnya dah langsung habis ..

Bahan :
Basic Cake
8 butir telur
50 gr coklat bubuk
150 gr tepung terigu
2 SDT  TBM
200 gr gula pasir
130 gr butter lelehkan
2 SDT toffieco black forest (blackforest pasta)

untuk hiasan :
Fresh cream / whipp cream cair
strawberry segar
DCC

Cara :
1. kocok telur, gula pasir dan TBM sampai benar2 kental dan berjejak
2. masukkan ayakan tepung terigu dan coklat bubuk aduk rata
3. masukkan butter leleh dan pasta blackforest aduk rata
4. olesi cetakan bulat ukuran 22 cm dengan mentega dan taburi terigu alasi bagian bawah dg kertas roti
5. masukkan adonan panggang kurleb 30 menit tes tusuk aja
6. keluarkan cake dr oven biarkan dingin
7. potong cake menjadi 3 layer
8. olesi dg fresh cream yg sudah dikocok hingga kaku atau dg blueberry
9. tumpuk dh layer lain olesi lg dg fresh cream kocok
10. olesi seluruh permukaan kue dg fresh cream kocok
11. hias sesuai selera
12. simpan dalam kulkas. klo mau makan tinggal potong deh